Sidak, BPOM Temukan Barang Kadaluarsa dan Rusak

SUARAKENDARI.COM, Balai Pengawas Obat dan Makanan Kota Kendari, melakukan sidak di beberapa swalayan yang ada di Kota Kendari, Kamis (2/7/2015).

Kasi Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Kota Kendari, Hasnah Nur mengatakan bahwa sidak yang dilakukan hari itu merupakan tindak lanjut dari surat yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Dalam sidak yang dilakukan itu,pihaknya menemukan beberapa barang yang expire atau kadaluarsa dan beberapa barang lainnya ditemukan rusak.

“Kami menemukan beberapa barang yang kemasannya sudah penyok, kami sudah tekankan beberapa kami kalau bahan makanan, kemasannya rusak maka tidak boleh diperjual belikan lagi karena rawan akan bakteri,” terangnya.

Selain itu, dikatakan pula bahwa jika ada beberapa bahan makanan yang kemasannya sudah berkarat tidak boleh diperjual belikan karena tidak akan terjamin lagi kualitasnya.

Terkait beberapa temuan yang didapatkan di Ade Swalayan tersebut, pihaknya akan segera melakukan penarikan untuk kemudian dimusnahkan.

Sanksi yang akan diberikan pula bermacam-macam tergantung tingkat kesalahan swalayan yang dilakukan. “Kalau masalah sanksi kami laporkan dulu kepada pimpinan kami, yang penting kami sudah himbau untuk beberapa bahan makanan yang kami temukan hari ini untuk segera ditarik, tidak diperjual belikan lagi jika tidak patuh mungkin akan didenda, nanti kami lihat aturannya sesuai dengan kesalahan yang dilakukan,” ujarnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *