Connect with us

Sidak, 50 Kendaraan Antar Provinsi Tidak Layak Jalan

Metro

Sidak, 50 Kendaraan Antar Provinsi Tidak Layak Jalan

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal ini Ditlantas Polda Sultra bersama dengan instansi terkait melakukan sidak di beberapa perwakilan angkutan umum antar provinsi, Rabu (23/7/2014).

Dalam sidak yang dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Sultra, Kombes Pol Asrul Aziz, melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kendaraan yang akan melakukan perjalanan dengan rute Kendari-Makassar.

Hasil sidak yang dilakukan hari itu, didapatkan sekitar 50 persen kendaraan umum antar provinsi tersebut tidak layak jalan karena kondisi kendaraan yang tidak memungkinkan sehingga bisa membahayakan bagi penumpang dan pengendara sendiri.

“Kami hari ini memang sengaja untuk turun langsung melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan, karena kami tahu akan banyak masyarakat yang mudik, sehingga semua kendaraan harus dipastikan dalam kondisi layak jalan, kami lihat ada sekitar 50 persen yang layak jalan dan ada juga 50 persen yang tidak layak jalan,” terangnya.

Menurutnya, tujuan dilakukannya sidak hari itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan utamanya kecelakaan saat melakukan mudik, sehingga kondisi kendaraan harus dipastikan layak dan tidak beresiko.

Ia menegaskan kepada setiap perwakilan yang tidak melakukan atau mengindahkan teguran untuk melakukan perbaikan terhadap kondisi kendaraan yang dinilai tidak layak, maka izin operasionalnya akan dicabut.

“Sebelum kami turun untuk sidak, seminggu sebelumnya pihak kami sudah melakukan pencatatan terhadap beberapa kendaraan yang dinilai tidak layak, kami lihat sudah ada yang melakukan perbaikan, tapi jika kami sudah menegur dan sudah memberitahu letak kekuarangan atau ketidak layakan pada kendaraan tersebut dan masih dipaksakan untuk jalan, maka petugas kami yang bertugas dilapangan akan menahan dan tidak diizinkan jalan,” tegasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top