Connect with us

DPRD Kolaka Dipimpin PKS, PAN Jadi Wakil Ketua

Daerah

DPRD Kolaka Dipimpin PKS, PAN Jadi Wakil Ketua

KOLAKA, SUARAKENDARI.COM- Dilantiknya 35 anggota DPRD Kolaka pagi tadi, Senin (27/10/2014) maka secara otomatis kursi pimpinan DPRD dan wakilnya juga ikut berganti. Menurut sekwan DPRD Kolaka, Abbas Madenuang, untuk sementara DPRD Kolaka akan dipimpin oleh Rusman dari PKS, sementara wakil DPRD akan diduduki oleh Parmin Dasir dari PAN.

Untuk sementara ketua DPRD yang baru akan dijabat oleh Rusman dari PKS, dan wakil ketua DPRD dijabat oleh Parmin Dasir dari PAN. Ini berlaku untuk sementara saja sambil menunggu penyusunan anggota DPRD yang paten nanti.

“Karena dari 35 orang itu akan ada yang berpindah ke Kabupaten Kolaka Timur. Nantinya akan ada yang masuk juga. Jadi otomatis akan disusun ulang. Kalau sudah selesai nanti semua, baru ada ketua dan wakil yang paten untuk lima tahun kedepan. Jadi pak Rusman dan Parmin Dasir itu hanya sementara,” katanya kepada Suarakendari.com.

Untuk diketahui PKS sendiri memiliki 5 orang perwakilan di DPRD Kolaka saat ini. Mereka adalah Ahmar, S.Sos, Syukur. Edi Gunawan Arafik, Irwan Pabetai, A.Ma. Rusman,S,Pd. Sementara PAN hanya memiliki 4 perwakilan, yaitu H. Parmin Dasir, SE. Andi Musmal. Amiruddin Masang, SE. Hj. Rahmatia Lukman, SE.

Namun kedepannya dari PKS akan akan ada pengurangan yang segera bergeser ke DPRD Kolaka Timur. Demikian pula dengan PAN. Hanya saja ketika dilakukan pengisian kursi yang kosong di DPRD Kolaka PAN akan berada di posisi tertinggi jika menggunakan system BPP. “kita lihat saja nanti kalau sudah bergeser dan diatur ulang. Namun nampaknya PAN akan kembali menjadi ketua DPRD Kolaka,” tambah Abbas Madenuang.

Hal yang sama juga diakui oleh Rusman, dari partai PKS. Kata dia bisa hal itu terjadi sebab kalau tiba saatnya pergeseran maka harus dilakukan penataan kembali anggota DPRD Kolaka. “Bisa saja, kita lihat lah perkembangannya nanti,” kata Rusman.

Ditempat yang sama, Parmin Dasir dari PAN mengungkapkan PAN akan bertambah satu kursi lagi pasca pergeseran anggota DPRD ke Kolaka Timur. “Kalau bergeser nanti kan PKS dua kursi dan kita akan tambah satu kursi. Otomatis kalau pakai system BPP secara otomatis PAN akan menjadi ketua DPRD Kolaka. Tapi kita lihat saja lah bagaimana nantinya,” kata Parmin Dasir.

Seperti yang diketahui, pada pemilihan calon legislative beberapa bulan lalu, dua dari liam dapil yang digunakan masuk dalam wilayah Kolaka Timur. Maka secara otomatis dari 35 anggota DPRD Kolaka, 12 orang diantaranya akan bergeser ke DPRD Kolaka Timur berdasarkan dapil masing-masing. (ab)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah

To Top