Selamatkan Teluk dengan Smart Point

KENDARI,SUARAKENDARI.COM-Teluk Kendari merupakan salah satu asset pemerintah kota Kendari yang juga menjadi kawasan strategis pemerintah Sulawesi Tenggara (Sultra).
Saat ini kondisi Teluk Kendari semakin memprihatinkan dengan berbagai masalah lingkungan yang dihadapi, diantaranya pendangkalan dan penumpukan sampah.
Salah satu upaya penanganan yang dilakukan pemerintah Kota Kendari untuk menyelamatkan teluk ialah menggagas kawasan Smart poin. Wali Kota Kendari DR Ir. H Asrun. M.Eng, Sc mengatakan langkah ini diambil untuk mendukung visi pemerintah Kota Kendari menjadikan Kota Kendari sebagai Smart City.
“Untuk menciptakan seluruh kota menjadi smart itu memerlukan biaya yang sangat besar, olehkarena itu kita memilih satu titik yang bisa merepresentasikan sebagai kota yang smart, pemilihan teluk dengan berbagai pertimbangan” katanya.
Wali kota menuturkan pertimbangan memilih teluk Kendari dilakukan karena sejumlah potensi yang dimiliki teluk Kendari diantaranya pusat wisata baik wisata alam maupun wisata kuliner.
Dalam perencanaan pemerintah kota pembangunan kawasan smart poin akan dimulai dengan pembuatan tambat labuh, selain berfungsi sebagai lokasi pendaratan kapal, kawasan ini juga akan berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang disediakan untuk masyarakat.
“Smart poin ini bertujuan menyelamatkan teluk, menjadi ruang public yang memberikan kesan bahwa Kendari kota yang smart dalam waktu yang tidak terlalu lama dan menambah ruang terbuka hijau seperti taman kota yang berfungsi sosial“ jelas wali kota.
Kawasan ini nantiya menurut Asrun, akan dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang, diantaranya bandwith atau jaringan internet yang kuat, jogging track dan kawasan parkir yang smart agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.
Untuk menciptakan kawasan smart poin, pembangunan akan dimulai dengan pembuatan tambat labuh dan pengerukan, dilokasi ini kapal-kapal yang berlabuh akan ditata agar terlihat indah dan rapi.
Pembangunan tambat labuh juga disertai dengan pembuatan kantong lumpur di sejumlah muara sungai yang masuk ke teluk. Kantong lumpur ini tambah wali kota akan berfungsi untuk mengurangi masuknya lumpur ke dalam teluk dan mencegah pendangkalan teluk. (ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *