Connect with us

Sekolah di Bombana Butuh Perubahan Nomenklatur

Suara Pendidikan

Sekolah di Bombana Butuh Perubahan Nomenklatur

-Nama dan Tempat Sudah Tidak Sesuai-

BOMBANA-Kepala Bidang Prasekolah dan Pendidikan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Bombana  Malik, S.Pd, M.Pd menegaskan Sekolah di Kabupaten Bombana butuh perubahan nomenklatur.

Perubahan dinilai penting, sebab sejak berumur 10 tahun Bombana mekar dari otoritas kabupaten Buton, Bombana mengalami pergeseran yang cukup pesat. Satu diantaranya yakni jumlah Kecamatan, Desa dan kelurahan. (dulunya Cuma 6 kecamatan, kini sudah jadi 22 kecamnatan 116 desa dan 22 kelurahan)

Hadirnya pemekaran Kecamatan desa/Kelurahan tersebut, Kata Malik berimplikasi pada tidak sesuainya lagi nama sekolah berdasarkan lokasi atau wilayah sekolah itu berada.

“Contoh  SDN 2 Lampopala yang berada didesa Lantowua Kecamatan Rarowatu Utara. Sementara Kelurahan Lampopala tersebut ada di Kecamatan Rumbia. Demikian pula SMPN 2 Rumbia yang berlokasi didesa Lora Kecamatan Mataoleo. Atau SMAN 1 Kabaena yang berada dikelurahan Sikeli Kecamatan Kabaena Barat,” Pungkasnya saat ditanya diruang kerjanya.

Bahkan lanjut Malik, masih banyak sekolah yang tidak sesuai lagi dengan nama dan lokasi tempat sekolah tersebut berdomisili. “Kalau disimak satu persatu, masih banyak yang demikian itu. Makanya nama sekolah tersebut layak untuk dirubah nomenklaturnya,” tuturnya.

Menurutnya, bila nomenklaturnya itu tidak dirubah, akan menyulitkan pemerintah Pusat dalam mendeteksi posisi sekolah. Apalagi kebijakan pemerintah Pusat kata Malik, sudah menggunakan Dapodik dengan system online.

“Dampaknya bisa jadi sekolah-sekolah yang memiliki nama yang sama, (atau sekolah baru) akan bersingungan dan berdampak pada salah satu sekolah tidak muncul didapodik,” ujar Malik

Bahkan efek positifnya, kata Pria Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang ini, hadirnya perubahan nomenklatur dapat merumuskan ulang penamaan sekolah mulai TK, SD, Hingga SMA secara berurutan. Menghindari ketidak teraturan penamaan sekolah dan lokasinya, serta meminimalisir benturan kepentingan antara sekolah berdasarkan penomoran dan nama sekolah dalam dapodik pemerintah pusat. (DAR)

.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Pendidikan

To Top