Connect with us

Sekilas tentang Bandara Sugimanuru Muna

Uncategorized

Sekilas tentang Bandara Sugimanuru Muna

MUNA, SUARAKENDARI.COM-Bandara Sugimanuru  merupakan bandara kebanggaan Masyarakat Muna. Bandara  ini terletak di wilayah Sulawesi tenggara dan berada di pulau muna. Bandara ini mulai resmi beroperasi sejak 2010 silam untuk melayani jalur pulang pergi antara Raha- Makassar .

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Muna, Burhanuddin HSNoy di Raha mengatakan perusahaan penerbangan yang melayani bandara tersebut yakni pesawat ekspress air.

“Untuk sementara penerbangan dibandara ini baru 2 kali seminggu dan pembayaran tiket masih disubsidi oleh pemerintah setempat (pemda raha),”katanya.

Menurut dia subsidi ini akan terlaksana selama cuman 6 bulan saja dan selama itu pula penjualan tiket dikelola oleh pihak pemerintah setempat dan setelah sunsidi itu habis maka akan diserahkan lagi proses pengelolaan tiket oleh maskapai penerbangan tersebut

Kendati penumpang agak berkurang tetap penerbangan dilakukan sebanyak 2 kali seminggu nanti pemerintah yang membayar kekurangannya tersebut pemerintah juga akan memantau animo atau kebutuhan masyarakat menggunanakan sarana transportasi udara menuju beberapa daerah lain di Indonesia dan jika menunjukan perkembangan penumpang kedepan akan dibuka beberapa jalur penerbangan antara lain Muna -Kendari (PP).

“Dengan beroperasinya bandara yang ada di muna ini mudah-mudahan dapat memberikan dampak terhadap jalur transportasi di daerah ini khussnya masyarakat yang ingin ke Makassar secepatnya. Begitupun sebaliknya,”katanya.

Bandara Sugimanuru yang dibangun sejak tahun 2010 ini dengan panjang landasan 1.400 meter dan lebar landasan ini 30 meter merupakan kerja sama antara pemerintah Kabupaten Muna dan pemerintah Provinsi Sultra. Dengan adanya penerbangan di bandara Muna ini, maka sudah ada lima penerbangan yang beroperasi di Provinsi Sulawesi Tenggara masing-masing Bandar Haluoleo Kendari, Bandara Sangia Nibandera Kolaka, Bandara Betoambari di Buton, Bandara Matahora di Wakatobi dan Bandara Sugimanuru Muna di Raha. (Tulisan: zulkifli987.blogspot.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top