Sejarahnya, Kota Lama adalah Pusat Kota Kendari, Lalu Kenapa Harus Digusur?

SUARAKENDARI.COM-Bagi warga kawasan kota lama adalah situs sejarah yang menjadi cikal bakal berkembangnya Kota Kendari, karena, dulu pernah menjadi pusat kota. Ungkapan warga ini terdengar saat menggelar unjuk rasa di Gedung DPRD Sultra, Senin, (19/10).

Warga menolak penggusuran rumah-rumah mereka untuk kepentingan pembangunan jembatan Bahteramas. Warga yang mayoritas beretnis tionghoa ini menilai penggusuran kawasan kota lama adalah upaya menghilangkan identitas kota yang merupakan cikal bakal Kota Kendari.

“Jadi, Kota Kendari berkembang menjadi seperti sekarang ini karena tak lepas dari keberadaan kota lama,”ujar seorang pendemo saat berorasi di halaman Gedung DPRD Sultra.

Di dampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kendari, 20-an orang, warga Kota Lama, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sultra ini mengaku akan tetap bertahan memperjuangkan hak-hak mereka. “Ini tanah kami, tempat kami hidup dan menetap, kami tidak akan pindah,”kata Warga.

Di kesempatan itu, sejumlah waga mengungkap, semasa muda Nur Alam kerap mendatangi Kota Lama, namun seolah lupa kacang akan kulitnya, saat naik singgasana menjadi gubernur Sultra Nur Alam justeru menggusur Kota Lama. “Pak Gubernur pasti tau sejarahnya, Kota Lama adalah Pusat Kota Kendari, Lalu Kenapa Harus Digusur?,”ujar Jefri, salah satu warga.

Warga sendiri tidak menolak adanya pembangunan program yang tengah dijalankan pemerintah, sepanjang pembangunan tidak merugikan masyarakat dan pemilik tanah. “Pembangunan untuk kepentingan umum boleh-boleh saja, asal tidak merugikan kepentingan orang lain atau masyarakat,”jelas Anselmus Masiku,
Direktur LBH Kendari saat mendampingi korban penggusuran di gedung dewan, Senin siang.

Namun dalam konteks pembangunan jembatan bahteramas yang dilakukana pemerintah provinsi Sultra, kata Anselmus, justeru banyak yang dilanggar, terutama pengabaian hak-hak masyarakat pemilik tanah, serta hak publik terkait keberadaan situs sejarah kota lama. “Ini yang harusnya ditinjau kembali
pemerintah,”katanya. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *