Connect with us

Sebulan Bekerja, PTSP Muna Menerbitkan 50 Izin

Uncategorized

Sebulan Bekerja, PTSP Muna Menerbitkan 50 Izin

 RAHA, SUARA KENDARI.Com-Baru sebelum bekerja Pelayanan pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Penanaman Modal (PM) Kabupaten Muna, telah menerbitkan sekitar 50 lembar  izin,  yang diatur oleh peraturan daerah.

Kepala PTSP Muna, Guntur Dano mengungkapkan, ke 50 izin yang diterbitkan tersebut adalah surat izin tempat usaha atau izin gangguan (Situ HO) yang direkomendasikan oleh  Badan Lingkungan Hidup (BLH). “Kalau sebulan sudah 50 izin HO yang diterbitkan,artinya pemasukan atau PAD di sektor itu sudah lumayan besar,”ujarnya pada sejumlah media di Raha Senin (3/2).

Menurut Guntur,ada 97 izin yang ditetapkan oleh Bupati untuk diterbitkan melalui PTSP. Namun.  baru 14 izin yang telah melalui PTSP. Namun dari 97 izin tersebut hanya ada lima izin yang dipungut biaya sesuai perda,selebihnya gratis. “Seperti izin praktek bidan gratis,  tidak dipungut biaya,”tambah Guntur Dano.

Lebih jauh Gundur Dano menjelaskan bahwa ,lima jenis izin yang dipungut tersebut masing-masing adalah izin minuman beralkohol yang direkomendasikan Disperindag,izin trayek yang direkomendasikan oleh Dishub,izin mendirikan bangunan yang direkomendasikan Dinas PU, Izin gangguan yang direkomendasikan oleh BLH dan izin usaha perikanan yang direkomendasikan oleh Dinas Perikanan.

Menurut data dari PTSP, tahun 2013 lalu Dishub Muna hanya merekomendasikan satu jenis izin yakni izin trayek,itupun hanya kartu pengawasan (kartu ker). “Kalau ada izin trayek yang diterbitkan tanpa melalui PTSP,saya katakan itu illegal,sejak dibentuknya PTSP di Muna,”pungkasnya.

Dia menjelaskan,setoran pembayaran izin yang dibayar ke PTSP,diyransfer kembali ke kas daerah dan tercatat sebagai PAD instansi tersebut. “PTSP tidak punya PAD,adapun uang yang dipungut itu hanya sekedar lewat saja dan tercatat di PTSP,”pungkasnya. (  TRI )

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top