Connect with us

Sampah Menumpuk Pasca Lebaran

Metro

Sampah Menumpuk Pasca Lebaran

KENDARI, SUARAKENDARI.COM- Hari ke dua lebaran idul fitri 2014,sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga nampak mulai ‘menggunung’ disejumlah lokasi tempat pembuangan sampah yang berada di pinggir jalan dalam Kota Kendari. Sumbangan sampah terbanyak berasal dari sejumlah pasar dan limbah rumah tangga telah memenuhi bak penampungan dan menumpuk di pinggiran jalan, seperti yang terlihat  di Jalan Lasandara Mandonga dan di kawasan pasar Baruga .

“Sampahnya sudah menumpuk sejak sebelum lebaran, dan sampai hari ini belum diangkut. Sampah-sampah ini akan terus bertambah karena warga yang membuangnya setiap hari, sampah ini menimbulkan bau dan tidak enak dipandang mata karena berserakan,” kata Aul, warga Kendari.

Sampah rumah tangga di daerah itu, kata dia, selama ini dibuang di sejumlah bak penampungan yang disediakan pemerintah setempat dan biasanya setiap hari diangkut sehingga tidak sempat menumpuk serta menimbulkan bau tidak sedap. Namun saat lebaran, sampahnya belum terangkut karena petugas kebersihan masih libur lebaran. “Hingga Selasa pagi, sampah yang menumpuk ini belum juga diangkut petugas sampah sebab, sebagian besar petugas sampah tengah menikmati suasana lebaran bersama keluarga mereka,”ujar Aul.

Seperti diketahui, usai lebaran sampah sampah rumah tangga diprediksi akan menumpak tiga kali lipat dari hari biasanya. Apalagi Pertumbuhan penduduk kota kendari yang terus berkembang saat ini menjadi sekitar 360.000 jiwa berdampak terhadap peningkatan produksi sampah. Dinas kebersihan mengungkapkan setiap harinya produksi sampah di kota kendari sekitar 1035 meter kubik, dari jumlah itu hanya sekitar 70% yang bisa diangkut oleh dinas kebersihan.

. Dinas kebersihan berharap sampah yang tidak terangkut bisa diolah oleh masyarakat seperti pembuatan kompos atau kerajinan tangan, sehingga bisa memberikan nilai ekonomi buat warga dan mengurangi jumlah sampah di daerah timbulan.

Selain melibatkan masyarakat, dinas Kebersihan Kota Kendari juga terus menambah armadanya Untuk mengatasi produksi sampah yang terus meningkat, tahun 2014 ini dinas kebersihan menambah 2 unit Amrol atau kendaraan penganggkut container bersama 10 unit container. Saat ini armada pengangkut sampah dinas kebersihan berjumlah 34 unit, tambahan armada ini diharapkan bisa mengurangi tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah sementara (TPS).YOS

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top