Sakit di Punggung Pertanda Diabetes dan Jantung

Sering merasa sakit di bagian punggung? Mungkin awalnya Anda hanya mengira bahwa sakit punggung adalah rasa pegal yang terjadi ketika Anda melakukan aktivitas berat atau setelah mengangkat beban berat. Sehingga Anda pun mengatasinya dengan pijatan ringan. Namun setelah melakukan serangkaian pijatan, rasa pegal tersebut tidak kunjung hilang. Malahan rasa pegal ini disertai pula dengan rasa nyeri.

Anda sering mengalaminya? Berhati-hatilah kemungkinan gangguan ini adalah awal dari munculnya penyakit lain yang lebih berbahaya.

Dilansir dari dailymail.co.uk, beberapa penelitian kesehatan di negara ini menemukan bahwa sakit punggung bisa menjadi awal dari serangan jantung, diabetes, depresi, dan malaria. Bagaimana bisa?

“Tubuh Anda dirancang untuk selalu aktif bergerak. Jika Anda jarang beraktivitas dan memilih untuk duduk diam saja maka seluruh bagian tubuh akan merasa kaku yang kemudian ditambah dengan sirkulasi darah sistem tubuh yang tidak lancar. Hasilnya tentu saja beberapa penyakit kronis bisa bermunculan dan yang paling fatal adalah sakit jantung,” jelas Professor Theo Vos dari University of Washington.

“Penyakit punggung sendiri kebanyakan menyerang warga perkotaan yang sering menghabiskan waktu mereka dengan duduk diam terjebak pekerjaan atau kebanyakan bersantai menonton televisi dan membaca buku. Jadi jika Anda merasa Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda hanya dalam kegiatan pasif dan sakit punggung mulai menyerang, segera ganti pola hidup Anda.”(mdk/feb/sk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *