Sagu di Konawe Terancam Punah

SUARAKENDARI.COM-Keberadaan tanaman sagu saat ini terancam punah menyusul tidak adanya warga yang secara khusus membudidaya tanaman itu.

Kondisi ini menjadi keprihatian besar dari Pemerintah Kabupaten Konawe. Karena itu pula Bupati Konawe, Kery Konggoasa  mengajak warganya untuk  melindungi hutan sagu karena tanaman itu merupakan sumber pangan lokal.

“Hutan sagu harus dilindungi tidak boleh dimusnahkan untuk lahan pertanian dan kepentingan lainnya,” kata Bupati Konawe Kery

“Kalaupun warga belum bisa melakukan budidaya tanaman sagu, minimal memelihara hutan sagu yang ada saat ini,”tambahnya.

Menurut Kery, tanaman sagu tidak hanya sumber pangan lokal, tetapi juga melindungi sumber air untuk kehidupan masyarakat setempat.

Bagi masyarakat Tolaki, sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat  yang mendiami daratan sultra secara turun-temurun dan budaya ini harus terus dilestarikan dan tidak boleh sampai punah di masa yang akan datang.

“Tanaman sagu merupakan bahan baku panganan lokal masyarakat Konawe yang disebut Sinonggi, sementara orang Papua dan Maluku menyebut dengan Papeda yang juga terbuat dari sagu,” katanya.

Sagu sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan makanan untuk dikonsumsi masyarakat setempat. SK/AN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *