Saatnya Potensi Kelautan Sultra Dimaksimalkan

0

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mestinya mulai memikirkan pemanfaatan potensi sumber daya alam kelautan mengingat potensi sector kelautan cukup besar bahkan melimpah.

Dari sector ini pemerintah dapat mengembangkan banyak program budidaya, mulai dari rumput laut, teripang, pohon bakau, udang windu, serta yang paling terkenal ikan kerapu dan udang. Pengembangan budidaya ini menghasilkan  miliaran rupiah dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tidak dapat dipungkiri potensi sumber daya kelautan Sultra cukup besar, bukan hanya bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan, melainkan juga bisa mewujudkan kedaulatan pangan nasional,”kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Nursalam.

Ia mengatakan, untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya kelautan berbasis ekonomi, diperlukan pengembangan kawasan perikanan minimal dalam satu wilayah kabupaten atau kota terdapat satu kawasan pengembangan.

Dengan begitu, ujarnya, pembangunan bidang kelautan dan perikanan bisa berjalan secara konsisten, sistematik, dan berkesinambungan.

“Pola pembangunan perikanan yang seperti ini, tidak hanya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah, melainkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.AT

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.