Saat Petani Cabai Curhat pada Bupati

0

SUARAKENDARI.COM-Potensi tanaman cabai di Kabupaten Kolaka cukup besar mengingat lahannya cocok untuk tanaman tersebut, dan yang pasti harga cabai ini sangat menggiurkan.

“Melakukan budidaya tanaman cabai di Kolaka sangat cocok dengan iklim dan tanahnya,”kata Agusalah satu petani cabai.

Sayangnya potensi besar itu belum dimanfaatkan maksimal oleh warga, sebab, baru beberapa warga yang mulai melakukan budidaya tanaman ini.
Kata Agus, hasil panen tanaman cabai sangat tinggi sehingga Ia selalu mengajak petani lainnya untuk menanam cabai agar Kolaka tidak bergantung lagi kepada cabai dari Sulawesi Selatan.

“Saya sudah menikmati hasil dari budidaya tanaman cabai, makanya saya ajak yang lain” ungkapnya.

Agus mengaku masih ada kendala yang dihadapi petani cabai saat ini yakni, tidak adanya alat pengolah lahan garapan sehingga produksi cabai saat ini tidak terlalu bagus. Para petani juga membutuhkan dana tunai untuk membeli dan membuat sumur pompa, karena tanaman cabai sangat rentan dengan musim kemarau,” jelasnya.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei dan beberapa pimpinan SKPD saat melakukan kunjungan kepada petani cabai di Desa Kowioha sempat mendengarkan keluhan mereka. Menanggapi hal itu Bupati Ahmad Safei mengatakan kalau kebutuhan alat garapan berupa traktor tangan, pihak pemerintah setiap tahunnya membagikan 100 unit kepada petani. “Kalau ada kebutuhan alat garapan seperti itu para petani berkoordinasi kepada petugas penyuluh lapangan dan mengusulkan permintaan kepada dinas pertanian,” katanya.

Bupati juga siap membantu memberikan dana, hanya saja tidak bisa diberikan secara gratis karena jangan sampai dijadikan budaya kurang baik bagi petani.

“ Pemerintah akan bekerja sama dengan pihak Bank dengan mengucurkan program kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga rendah. Kalau memang petani serius untuk mengembangkan usahanya pihak Pemerintah siap menjadi jaminan,” ujarnya. Ia berharap dana pinjaman lunak tidak dipergunakan yang tidak sesuai dengan peruntukkannya kartena dikuatirkantidak tepat sasaran. SK/AN

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.