RSUD Kendari Punya Poli Onkologi

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Layanan poli bedah tumor (Onkologi) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD ) Kendari, Propinsi Sulawesi Tenggara, resmi beroperasi pekan lalu Jumat (28/8/2015). Poli ini melayani pasien dari hari Senin hingga Sabtu.
Dokter bedah tumor RSUD Kendari I Made Cristian mengatakan, saat ini layanan bedah onkologi masih dalam tahap rintisan sehingga masih banyak kekurangan, namun menurutnya layanan ini sudah bisa membantu pasien yang biasanya selalu dirujuk ke rumah sakit di Makasar Sulawesi Selatan.
“Tahun 2015 ini layanan bedah tumor baru dimulai, selama ini kami rujuk kemakasar, karena ini baru rintisan sehingga masih banyak yang perlu disiapkan seperti poli, kemudia kemoterapi , jadi tidak perlu lagi kemo di Makasar” ungkapnya.
Ia menjelaskan layanan yang diberikan pada poli ini meliputi 5 layanan yakni, bedah tumor kepala leher, payu darah, jaringan lunak, kanker kulit dan tiroid.
Penanganan kanker lanjutnya memerlukan tindakan yang cukup panjang karena meliputi banyak hal dan biasanya menjangkiti seumur hidup.
Ia menambahkan meskipun layanan bedah sudah dibuka di RSUD Kendari, namun ia meminta masyarakat untuk tetap berprilaku sehat dan menjaga kesehatan tubuh agar tidak terjangkiti penyakit.
Sebelumnya RSUD Kendari juga sudah membuka layanan untuk pasien penderita jantung melalui poli jantung.(ALIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *