RSUD Bombana Naik Status

Sekda: Pelayanan dan Pembangunan Bakal ditingkatkan

BOMBANA-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bombana kini naik status. Jika sebelumnya belum memiliki klasifikasi atau tipe kelas tertentu, tapi sekarang sudah mengantongi pengakuan khusus dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rumah sakit plat merah yang dibangun sejak tahun 2006 lalu itu,  kini telah bertipe kelas C. Dengan skala layanan dari RSUD berubah menjadi Rumah sakit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)

Sekda Bombana H. Burhanuddin A. HS. Noy mengatakan peningkatan status ini, bakal diiringi hadirnya peningkatan pelayanan dan pembangunan sebuah rumah sakit Daerah.

“Alhamdulilan kini tinggal menunggu penetapan SK (Surat Keputusan).
RSUD kita dinilai layak menjadi sebuah BLUD dengan tipe kelas C. Ini langkah maju, untuk peningkatan layanan serta tata pembangunannya kedepan nanti,” ujar Burhanuddin saat dikonfirmasi senin kemarin.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Sultra ini menjelaskan ada beberapa kemudahan terkait naiknya status tersebut. Diantaranya tata kelolah keuangan dan pembangunan. “Jika  sebelumnya,  pendanaan Rumah sakit itu hanya bersumber dari APBD. Tapi setelah status naik kelas, maka sumber dananya sudah bisa diajukan dari APBN,” ulasnya

Keuntungan lain dari berubahnya nomenklatur tersebut, sambung Sekda  rumah sakit dapat mengelolah sendiri keuangan kasnya. “Dulu, jika ada kebutuhan mendesak untuk pasien,  pihak rumah sakit belum bisa belanja langsung, meski punya anggaran di Kasnya sendiri. Setidaknya, pengeluaran dana itu, butuh tahapan atau proses panjang. Tapi setelah berubah fungsi, (dari RSUD jadi BLUD) jika hari itu ada anggaran Rumah sakit, dihari itu juga bisa digunakan,” tukas Burhanuddin. DAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *