Connect with us

Ritual Monahu Ndau Sebagai Bentuk Syukur Atas Hasil Panen Masyarakat Kolaka

Kolaka Membangun

Ritual Monahu Ndau Sebagai Bentuk Syukur Atas Hasil Panen Masyarakat Kolaka

KOLAKA, SUARAKENDARI.COM- Nampaknya masyarakat Kolaka terutama mereka yang bermukim di Kelurakan Ulunggulaka dan sekitarnya sadar betul akan pentingnya melestarikan warisan budaya nenek moyang mereka. Hal ini dapat dilihat dengan dibangkitkannya ritual adat yang bernama Monahu Ndau.

Monahu Ndau ini ada sejak zaman nenek moyang mereka, tapi seiring perkembangan zaman, ritual ini pun seakan dilupakan.

Padahal ritual Monahu Ndau sendiri memiliki makna yang luar biasa, yaitu kesyukuran atas hasil panen yang diperoleh masyarakat. Kini ritual adat tersebut kembali digaungkan oleh generasi muda didaerah itu. Acaranya pun berlangsung sangat meriah, terbukti acara ini dapat menyedot ratusan masyarakat Kolaka.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang tiba ditempat acara tersebut langsung disambut oleh tarian tradisional, yang dimana tarian itu bagian dari prosesi ritual adat itu. Usai disambut tarian tradisonal, pemuda adat segera memulai ritual tersebut.

Dalam acara ini juga ditampilkan tradisi nenek moyang mereka yang punya kebiasan mengumpulkan sebagian hasil panen mereka secara bersamaan. “Sebagian hasil panen yang dikumpulkan itu disuatu tempat atau sama tetau adat. Kemudian dimasak dan dimakan secara bersama-sama dengan seluruh masyarakat. Ini adalah bentuk solidaritas yang tinggi,” kata Muji, ketua Pantia.

Selain itu masih banyak lagi prosesi yang dilakukan dalam pesta adat ini. Kata ketua pantia, Muji, inti dari kegiatan ini adalah untuk menghargai dan menghormati nial-nilai budaya uang telah diterapkan oleh pendahulu mereka. “Untuk menghormati leluhur dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tidak lebih dari itu,” tambahnya.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei, usai acara ritual tersebut mengungkapkan ritual adat ini memang harus terus terjaga. Sebab selain memelihara dan menghormati para leluhur, hal ini juga untuk menjaga tradsisi yang ada. “Saya rasa sangat bagus dengan adanya ritual ini. Padahal ini sempat tidak dilakukan beberapa tahun terakhir, Cuma generasi muda didaerah ini punya niatan yang baik untuk kembali melakukan dan kita dukung,” tegasnya.

Ahmad Safei juga berharap dengan adanya ritual seperi ini dapat menjadi alternatif peningkatan budaya di Kolaka. “Ini kan dilakukan ditempat wisata air panas, jadi saya rasa sangat bagus selain bisa meningkatkan nilai budaya juga bisa menjadi destinasi wisata,” tutupnya. TIM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolaka Membangun

To Top