Connect with us

Ribuan Akte Kelahiran Tidak Dibagikan, Warga Kolaka Resah

Kolaka Membangun

Ribuan Akte Kelahiran Tidak Dibagikan, Warga Kolaka Resah

KOLAKA,SUARAKENDARI-COM- Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kolaka, Sulawesi Tenggara mendapat protes keras dari kalangan masyarakat Kolaka. Pasalnya hingga saat ini terdapat 2000 lembar lebih akte kelahiran yang tertahan dikantor itu. Padahal akte ini sangat diperlukan oleh sejumlah masyarakat, mereka pun merasa rugi dan geram terhadap ulah Dinas terkait.

Salah satu warga Kecamatan Wolo yang bernama Hasni saat ditemui di kantor Catatan Sipil dan Kependudukan Kolaka megatakan sudah lebih lima kali ke kantor itu, tetapi belum juga mendapatkan akte kelahiran anakya. “Kita tinggal jauh dari kantor ini pak , sudah lebih dari tiga kali saya datang, katanya belum ditanda tangani. Padahal sudah mau satu bulan, masak belum selesai juga itu akta. Saya kecewa,” katanya, Jumat (06/06/2014).

Kata dia, yang mengeluh dengan masalah ini bukan hanya dirinya. Tetapi masih ada ribuan warga lain, yang juga mengeluhkan hal yang sama. Semestinya dalam waktu beberapa minggu akte kelahiran sidah harus keluar dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan. “Saya juga dating disini mau ambil akte kelahiran anak ku tapi belum keluar. Tidak ada alasan jelas yang kami diberikan. Saya protes dengan masalah ini,” cetus Sukri, warga Kolaka lainnya.

I Nyoman Suartika, sekertaris dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kolaka saat ditemui membenarkan hal ini dan kata dia ribuan akte tersebut belum ditanda tangani oleh Kepala Dinas dan inilah yang menjadi kendala utama. “Kenapa tidak kita berikan kepada masyarakat sebab belum ditanda tangani. Akte itu harus ditanda tangani dulu sama pak Kadis. Nah kadis kita telah berganti,” ucapnya.

Suartika menambahkan akte kelahiran yang tertahan ini adalah akte dari periode 19 April hingga 2 Mey. “Diperiode itu masih zamannya kadis lama, jadi yang harus tanda tangani itu dia. Tapi katanya dia tidak mau. Staf kami sudah membawa kerumah kadis lama, yaitu pak Ismail Lawasa tapi tetap tidak mau juga tanda tangan. Alasannya kami tidak tahu, dan jujur kami sesali masalah ini, kasian masyarakat,” tambahnya.

Secara terpisah, pelaksana tugas Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kolaka, Arman Wahab saat ditemui mengatakan pihaknya akan bersurat secara resmi kepada mantan kepala Dinas tersrebut untuk segera menanda tangani akte kelahiran itu. “Ini dokumen negara dia harus mau. Kami akan bersurat secara resmi. Itu dimasanya dia jadi harus mau. Kalau masih buntu nanti kita akan kordinasi dengan pusat untuk mencarikan jalan keluar ini. Harusnya mantan kadis itu jangan menolak sebab ini untuk kepentingan masyarakat. Saya kecewa,” tegasnya.

Sementara itu, Ismail Lawasa, mantan Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan Kolaka yang berusaha di hubungi oleh SUARAKENDARI.COM tidak memberikan tanggapan apa pun. Padahal seharusnya masalah ini tidak berlarut0larut mengingat jumlahnya mencapai ribuan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kolaka Membangun

To Top