Connect with us

Rencana Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan Surat Kendaraan

Metro

Rencana Uji Emisi Jadi Syarat Perpanjangan Surat Kendaraan

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Pencemaran udara di daerah perkotaan sudah menjadi masalah yang serius akibat gas buang dan penggunaan kendaraan bermotor dan konsumsi energi yang semakin meningkat. Jika tidak dikendalikan, akan berdampak pada perubahan iklim yang sangat mempengaruhi kondisi kualitas lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat tentunya.

Untuk meminimalisirnya diperlukan regulasi yang tepat salah satunya adalah dengan menerapkan aturan kepada pengguna kendaraan agar setiap melakukan perpanjangan surat kendaraan, perlu terlebih dahulu melakukan pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor dengan berpedoman pada ketentuan aturan perundang-undangan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulawesi Tenggara, Rusbandryo, saat ditemui diruang kerjanya kemarin mengatakan, menunjuk pada surat Menteri Dalam Negeri nomor 660/108/SJ tanggal 3 Februari 2014, pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh Bupati/ Walikota se-Sultra agar ada kebijakan yang mengatur tentang uji emisi untuk menjadi salah satu syarat dalam melakukan perpanjangan surat kendaraan.

“Memang kondisinya masih di bawah ambang batas baku mutu yang telah ditentukan. Namun ada beberapa senyawa karbon yang memang di atas baku mutu diantaranya yakni hidrokarbon. Untuk pengukuran Hidrokarbon di tiga titik pada 2013 kemarin, hasilnya 1,69 µ/m3, sementara nilai baku mutu yang telah ditetapkan adalah 1,6 µ/m3,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya lagi, 70 persen CO2 yang ada dilangit, disumbang oleh asap kendaraan bermotor. Jika hal ini tidak segera diminimalisir, dampak awal yang akan diterima yakni masyarakat akan terkena infeksi saluran pernapasan, dan lebih buruknya lagi, akan berpengaruh pada tingkat IQ anak.

Hal inilah yang semestinya bisa menjadi masalah yang sangat penting bagi pemerintah gara secepatnya dapat diatasi. “Ketika kami melakukan uji petik, dari 1.200 sampel kendaraan bermotor hanya sebagian saja yang dinyatakan layak. Untuk kendaraan bensin 79 persenya dinyatakan lulus uji dan kendaraan berbahan bakar solar, 70 persen dinyatakan tidak lulus,” ungkapnya.

Terkait uji emisi kendaraan bermotor yang rencananya akan dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mengurus perpanjangan surat kendaraan, pihaknya berharap, tahun ini pemerintah daeran sudah bisa mensosialisasikannya kepada para pengguna kendaraan. (ARMIN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top