Connect with us

Rekapitulasi suara PPK Rumbia bermasalah, Kotak Suara dibuka

Hukum & Kriminal

Rekapitulasi suara PPK Rumbia bermasalah, Kotak Suara dibuka

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM-Rapat Pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pilcaleg 2014, di KPUD Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara diwarnai dengan dibukanya kotak suara.

Di Kecamatan Rumbia ibukota kabupaten Bombana, kotak suara terpaksa dibuka ketika jumlah pemilih tiba-tiba membengkak tajam, dibanding dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Akibatnya, rapat pleno KPUD untuk pembacaan rekapitulasi suara Kecamatan Rumbia, dipending sambil mengkroschek data yang ada.

Bukan cuma itu, panwaslu Kabupaten Bombana merekomendasikan agar kota suara dibuka ketika terjadi selisih perolehan suara pada salah satu caleg Kabupaten.

“Terjadi selisih suara antara data PPK dengan data saksi parpol maupun Panwaslu. Saksi parpol ngotot, makanya kami rekomendasikan untuk buka kotak. Dan memang ada kekeliruan penulisan antara formulir D dengan C1. Lalu di clear-kan (diperbaiki) sehingga rekapan tuntas dan disepakati bersama,” ujar Laode Rahmat Apiti anggota Panwaslu Kabupaten Bombana.

Sementara terjadinya pembengkakan jumlah pemilih diakui PPK setempat akibat kelalaian penjumlahan. “Kami akui ada kekeliruan penjumlahan. Kekeliruan data rekapan yang di ambil ditingkat PPS Kelurahan Kasipute dan Doule. Terjadi salah jumlah antara pemilih  laki-laki dan perempuan. Kami sudah diperbaiki, sehingga sudah diterima semuanya,” ungkap Isman ketua PPK kecamatan Rumbia.

Meski begitu, kekeliruan tersebut mendapat catatan serius dari Panwaslu. “Ini pelajaran agar kedepan tidak ada lagi terjadi salah jumlah seperti ini. Kekeliruan akibat Sumber Daya Manusia (SDM) yang direkrut di tingkat PPS tidak memadai,” protes Laode Rahmat Apiti. (DAR)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top