Connect with us

Ratusan Surat Suara di Muna Rusak

Uncategorized

Ratusan Surat Suara di Muna Rusak

RAHA, SUARAKENDARI.COM-Proses pelipatan dan sortir surat suara di KPUD Muna, telah selesai. Hasilnya, ditemukan ratusan surat suara yang rusak.

Berdasarkan data di KPU Muna, Kamis (20/3), jumlah surat suara yang rusak mencapai 181 lembar. Kerusakan itu terdiri dari surat suara DPR RI sebanyak 25 lembar, DPD 103 lembar, DPRD Provinsi 33 lembar dan DPRD Muna 19 lembar.

Kasubag Logistik KPUD Muna, La Ode Abdul Manan, mengatakan, kerusakan pada surat suara itu diantaranya berupa, surat suara yang terkena tumpahan tinta, ada juga yang sobek, ataupun warna gambar yang tidak jelas, khusus surat suara DPD.

Kata Abdul Manan jumlah keseluruhan surat suara yang diterima KPUD Muna, dari percetakan sebanyak 903.100 lembar. Sementara kebutuhan surat suara untuk pemilih yang terbagi dalam empat dapil sejumlah 899.024.

Untuk melipat surat suara, kata Abdul Manan, pihaknya memberdayakan sebanyak 250-260 tenaga pelipat yang dikerjakan selama lima hari terakhir ini.

Sementara itu, terkait proses pelipatan dan sortir surat suara yang dilakukan KPUD Muna, mendapat catatan tersendiri dari Panwaslu Muna.

Pengawas Muna mempersoalkan, proses penyortiran surat suara yang dilakukan tanpa validasi khususnya, untuk surat suara DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi.

Satu satunya surat suara yang divalidasi adalah surat suara caleg DPRD Kabupaten Muna.

Menurut Lumban Gaol, dengan tidak divalidasinya surat suara, ada dampak negatifnya. Dan Panwas kata dia, tidak ingin dipersalahkan kemudian hari.

Sementara itu, menanggapi catatan Panwaslu, Abdul Manan mengatakan, kewenangan untuk menvalidasi surat suara DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi bukan kewenangan KPUD. Pihaknya hanya menvalidasi surat suara untuk DPRD Kabupaten.

“Surat suara DPD dan DPRD Provinsi itu kewenangan KPU Provinsi. Sementara surat suara DPR RI itu di KPU Pusat, “ungkas Manan. (TRI )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top