Connect with us

Ratusan Kubik Kayu Ilegal Hasil Sitaan di Konawe Siap Dilelang

Uncategorized

Ratusan Kubik Kayu Ilegal Hasil Sitaan di Konawe Siap Dilelang

KONAWE.SUARAKENDARI.COM – Ratusan batang kayu hasil sitaan, siap dilelang  Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Konawe, Sulawesi tenggara. Kayu dari berbagai jenis tersebut, merupakan temuan hasil operasi awal tahun 2013 hingga 2014, baik yang dilakukan oleh Dinas terkait maupun tangkapan dari jajaran kepolisian Konawe.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Konawe, H.K Santoso SE, M.Si, saat ditemui di ruanganya, beberpa waktuyang lalu, mengatakan, bahwa  ratusan batang kayu tak bertuan tersebut merupakan hasil ilegal loging di kawasan hutan lindung Konawe.

 Pihak kehutanan sendiri mengalami kesulitan mengungkap siapa pemilik kayu tersebut, karena selama ini pengawas di lapangan terkadang, hanya menemukan barang bukti saja yang tergeletak di lokasi, sementara para pengolahnya sudah kabur terlebih dahulu sebelum aparat dari polisi kehutanan tiba.

” Kebanyakan kayu kami sita tersebut merupakan hasil temuan operasi dishut dan kepolisian. Rencananya barang bukti kayu – kayu tersebut sementara dalam tahap proses unutk lelang oleh Negara,” kata Santoso.

Pihak Dinas Kehutanan mengungkap, maraknya pembukaan lahan pertambangan dan perkebunan kelapa sawit di Konawe, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan kayu hasil hutan yang sudah rebah, untuk diolah, tanpa peduli adanya prosedur pengolahan kayu yang legal.

“Kami tidak mempermasalahkan soal pemanfaatan hasil hutan yang masuk dalam konsesi wilayah industri yang telah di tetapkan oleh perusahaan, namun masyarakat semetinya harus memegang izin APL, dan itu kebanyakan masyarakat yang tidak punya,” jelas Santoso.

Berdasarkan data yang dimiliki Dishut Konawe saat ini, Luas Kawasan Hutan yang masuk dalam Wilayah Kabupaten Konawe yang  masuk dalam Pengawasan Dinas Kehutanan Konawe kurang lebih 435.000 Ha, termasuk kawasan hutan yang ada di Konawe Kepulauan,  terdiri dari hutan lindung, Hutan produksi terbatas, Hutan produksi Biasa, Hutan Produksi Konfersi (HPK). (MAN)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top