Ratusan Koperasi di Muna Gagal RAT

0

RAHA, SUARAKENDARI.Com-Tidak profesionalnya para pengurus koperasi, serta buruknya menagemen sebuah koperasi, berimbas pada tidak sehatnya sebuah kopersai atau pupulernya disebut kopersai gagal RAT, dan koperasi macet. Hal ini pulalah yang dialami ratusan kopersai di Kabupaten Muna. Dari 338 kopersai, tercatat 174 koperasi yang gagal RAT setiap tahun, serta 64 koperasi “mati suri,” atau macet.

Namun sejak 2 tahun terakhir Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Muna Drs. Sukarman telah melakukan terobosan. Salah satu terobosannya adalah memberikan pelatihan managemen pada para pengurus dan pengawas kopersasi tersebut.

“Tahun 2013 ada 3 koperasi yang kita shatkan kembali. Meraka sudah bisa menggelar RAT sekarang. Untuk menghidupkan kopersai yang gagal RAT llainnya, kita telah mengadakan pelatihan managemen bagi pengurus dan pengawas koperasi. Kita berikan juga bantuan 2 unit komputer, kursi dan sebagainya, agar koperasi itu, sehat kembali,” terang Kadis Kopersasi Kabupaten Muna ini kemarin.

Tidak hanya sebatas memberikan pelatihan dan bantuan komputer, rupanya Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muna juga menggaji para manager koperasi gagal RAT ini sebesar Rp 1,5 juta perbulan. Hebatnya lagi, dananya beersumber dari APBD Kabupaten Muna. “Para manager koperasi yang kita bina ini kita berkan gaji perbulan sebasar Rp 1,5 juta, bersumber dari APBD Kabupaten Muna. Ini semua kita lakukan untuk menghidupkan kembali koperasi, yang ada di Kabupaten Muna. Jika tahun 2013 3 unit kopersasi telah kita sehhatkan, ditahun 2014 kita menargetkan 5 kopersai yang kita sehatkan kembali,” tambah Sukarman optimis.  ( TRI )

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.