Connect with us

Ratusan Kertas Suara di Buton Utara Rusak Parah Diguyur Hujan

Hukum & Kriminal

Ratusan Kertas Suara di Buton Utara Rusak Parah Diguyur Hujan

KENDARI, SUARAKENDARI. Com– Puluhan kotak suara berikut ratusan surat suara di dalamnya rusak berat setelah diguyur hujan deras di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara. Kotak suara yang terbuat dari kardus itu basah serta ratusan surat suara didalamnya rusak, akibat truk pengangkut logistik tersebut diguyur hujan. Saat itu, kotak dan surat suara dibawa ke PPK Kecamatan Kulisusu dari gudang KPU Buton Utara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sultra, Hidayatullah yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan resmi terkait jumlah pasti surat suara yang rusak.

” Belum ada laporan resmi, yang jelas laporan tadi malam sejak 6 sore itu akibat rembesan air hujan yang kena terpal penutup mobil dan air yang mengendap jatuh di kotak. Jadi, ada 17 kotak yang kena rembesan air hujan dan 2 kotak rusak total beserta dengan surat suara di dalamnya,” ungkap Hidayatullah ditemui usai penertiban atribut kampanye di eks MTQ Kendari, Minggu (6/4/2014).

Untuk antisipasi masalah ini katanya, KPU Sultra akan segera menggantikan kotak suara yang rusak tersebut. Untuk surat suara kata Hidayatullah, masih menunggu laporan rincinya dari KPU Buton Utara, karena harus diidentifikasi oleh KPU bersama dengan Panwaslu dan kepolisian setempat.
“ untuk menghitung surat berapa yang rusak karena kita harus melaporkan kejadian ini ke KPU RI. Hari ini kita masih menunggu laporannya dari KPU Buton Utara, kalau formulir dan amplop masih bisa diantisipasi di Kendari,”

Kejadian ini lanjutnya, akibat adanya unsur kelalaian dari pihak ekspedisi. Karena penutup logistik pemilu saat disalurkan oleh pihak ekspedisi tidak ditutup dengan rapi dan teliti.

” Apalagi sekarang ini musim hujan sehingga harus diantisipasi dengan menggunakan tenda atap setiap kendaraan yang mengangkut logistik,” katanya.

Hidayatullah melanjutkan, surat suara yang rusak akibat diguyur hujan adalah untuk calon DPD RI. “ Sekarang kita harus cari solusi karena pemungutan suara sudah dekat tanggal 9 April nanti,” tukasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolda Sultra Brigjen Pol Arkian Lubis mengatakan, pihaknya telah menerima laporan tentang kerusakan kotak suara dan surat suara di Kabupaten Buton Utara. ” Masalah ini bisa menimbulkan kerawanan dalam pemilu, jika surat suara tidak segera diganti mungkin ada masyarakat yang tidak puas bisa saja nanti caleg memamfaatkannya,” terangnya.

Dijelaskan Arkian, hasil identifikasi keamanan tiga hari sebelum hari pencoblosan, masih kondusif. “ Laporan dari jajaran polres di Sultra belum ada gesekan antar partai atau kasus lainnya yang berkaitan dengan pemilu, kecuali kerusakan kotak dan surat suara yang rusak tadi. Tapi semoga aman-amanlah pelaksanaan pemilu legislatif di wilayah Sultra ya,” himbaunya.

Namun demikian lanjut Kapolda, sekecil apa pun masalah yang terjadi berkaitan dengan pemungutan suara harus diatasi, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. “ Kami hanya mengingatkan semua pihak agar mengedepankan kedewasaan dan pemikiran jernih dalam menghadapi setiap masalah, sehingga bisa ditemukan solusi terbaik,” tegas Arkian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top