Ratusan Hektar Sawah Kekeringan

SUARAKENDARI.COM-Ancaman kekeringan melanda 649 hektrar sawah di lima kabupaten di Sulawesi Tenggara akibat kemarau panjang yang sudah berlangsung selama beberapa minggu terakhir. Lima kabupaten tersebut yakni Kabupaten Bombana, Buton Utara, Muna, Konawe dan Konawe Selatan.

Upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi ancaman kekeringan tersebut dengan memperbaiki jaringan irigasi di sawah petani, sehingga air yang mengalir tidak merembes kemana-mana apalagi debitnya tinggal sedikit.

“Kita juga memobilisasi dan mendisribusi pompa air kepada masyarakat untuk mengairi sawah dengan dikawal oleh aparat TNI,‚ÄĚkata Muhammad Nasir Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sultra di Kendari.

Lebih lanjut Muhammad Nasir menjelaskan, untuk sawah yang belum dimanfaatkan akibat krisis air, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara menyarankan petani untuk memanfaatkan lahan dengan menanam tanaman jangka pendek seperti Palawija atau sayuran.

Pihaknya juga berupaya mendatangkan bibit padi yang bisa tahan terhadap cuaca kekeringan maupun banjir, namun memiliki masa tanam yang cukup panjang.

Adapun Daerah penghasil beras terbesar di Sulawesi Tenggara terdapat di Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Timur, dan Kabupaten Bombana.SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *