Ratusan Batang Kayu Ilegal Ditemukan Mengambang di Sungai Konaweeha

0

 

KONAWE.SUARAKENDARI.COM –Ratusan batang kayu balok ditemukan petugas Dinas Kehutanan Kabupaten Konawe, mengambang di sungai Konaweeha. Kayu kayu rimba campuran ini diduga sengaja dihanyutkan di sungai  demi menghindari razia petugas.

Ratusan batang kayu tak bertuan tersebut diikat bersama rakit dan ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya. Disinyalir kayu berasal dari hutan di Kabupaten Kolaka Timur dan akan diangkut ke salah satu perusahaan sawmill di Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe yang berada tak jauh dari muara sungai Konaweha.

Kepala Dinas Kehutanan kabupaten Konawe, H.K Santoso, membenarkan adanya temua barang bukti ratusan batang yang dihanyutkan melalui sungai. “Ini modus lama, namun digunakan lagi demi menghindari razia petugas,”katanya.

Dinas kehutanan Konawekesulitan mengungkap pemilik kayu –kayu tangkapan, karena kelihaian para pelaku menghindari petugas. “Kami hanya bisa mengamankan barang bukti kayu, karena pelakunya berhasil melarikan diri,”kata Santoso.

Santoso menduga pelaku illegal loging adalah kelompok kecil di masyarakat yang merupakan orang-orang suruhan perusahaan kayu.

Selama bertahun-tahun, para pelaku illegal logging di wilayah Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur kerap menggunakan jasa sungai Konaweeha untuk menjalankan bisnis haram mereka. Lokasi yang strategis serta lemahnya pengawasan aparat menjadikan sungai terbesar di Sulawesi Tenggara itu sebagai sarana paling aman menghindari kejaran petugas. (MAN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.