Connect with us

Rapat Pleno KPUD Bombana Berlangsung Memanas

Uncategorized

Rapat Pleno KPUD Bombana Berlangsung Memanas

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM- Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu legislatif dan DPD di KPUD Bombana berjalan panas.

Sejak dibuka sekitar pukul 09. 38 wita, hujan interupsi langsung mewarnai jalannya rapat yang dilangsungkan di Aula Dekranasda Bombana di Rumbia Sabtu (19/4) .

Sejumlah saksi partai politik keberatan dan mempertanyakan legitimasi hukum atau keabsahan pemilu di Kecamatan Lantari Jaya. Sebab hingga hari H pilcaleg 9 April lalu, formulir C1 untuk DPR RI dan DPD  tidak pernah ada baik ditingkat PPK, PPS maupun KPPS.

“Ini cacat hukum dan KPUD harus memberikan tanggapan terlebih dahulu sebelum dimulai proses rekapitulasi perhitungan suara,” ujar Laode Usman Sandiri saksi dari parpol Gerindra.

Persoalan ini makin menggelinding dan jadi perdebatan sengit, sebab kebanyakan para saksi parpol, silih berganti ajukan protes atas kejadian tersebut.

Buka cuma saksi partai, namun Panwaslu Kabupaten Bombana angkat suara atas kecolongan di kecamatan Lantari Jaya. “Kami sudah kroschek kejadian di lantari Jaya ini. Persoalaannya sangat krusial, sebab berkali kali pihak PPK setempat meminta formulir C1 itu, namun tidak diberikan oleh pihak KPUD Bombana,” beber Laode Rahmat Apiti anggota Panwaslu Bombana

Pantauan media ini, berkali-kali Jawaban yang diberikan komisioner KPUD, selalu dimentahkan peserta rapat. ” Ini kesalahan teknis, dugaan kami itu, sudah lengkap C1 saat pendistribusian di Lantari Jaya,” ujar Kasjumriati Kadir, salah satu Komisioner KPUD Bombana

Sementara untuk antisipasi tidak adanya formulir C1 di Lantari Jaya, pihak KPUD menyalin data suara dari rekapan C1 plano. Meski begitu, namun jawaban KPUD selalu dikritik tajam. Sebab persoalan yang diprotes, bukan pada penyalinan data, namun tidak adanya C1 saat hari H, yang dinilai peserta, sebagai roh keabsahan suara pemilu.

Melalui perdebatan yang alot, sekitar pukul 11.12 wita,  akhirnya rapat pleno perhitungan disetujui untuk dimulai, setelah adanya kesepahaman bahwa untuk kasus lantari jaya dipending dan akan dibahas ulang. Hingga berita ini ditayangkan rapat pleno sementara berlangsung dengan pembacaan rekapan dimulai dari dapil Poleang. (DAR)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top