Connect with us

Puluhan Relawan Dapat Bimbingan TOT Oleh KPUD Kolaka

Uncategorized

Puluhan Relawan Dapat Bimbingan TOT Oleh KPUD Kolaka

KOLAKA,SUARAKENDARI.COM- KPU Kabupaten Kolaka menggelar Bimbingan Tekhnis dan Training of Trainer (TOT) relawan demokrasi kepemiluan pendidikan pemilih DPR,DPD dan DPRD tahun 2014, Selasa (4/3) di salah satu hotel yang ada di Kolaka

Selain relawan demokrasi yang berjumlah 25 orang, juga dihadirkan pemilih dari lima segmen yakni tokoh agama, perempuan, pemilih pemula, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

Ketua KPU Kolaka, Abd. Azis saat membuka TOT mengatakan, dalam Pemilu 2014 ini pihak KPU mengandeng relawan demokrasi dari 5 segmen guna membantu dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 9 April 2014, sebab keinginan penyelenggara pada Pemilu 2014 berjalan dan terlaksana sesuai yang dijadwalkan KPU.

“Kami berharap Pemilu 9 April 2014 berkualitas dan sukses.”Katanya.

Menurut Azis, untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas, menjadi tugas semua pihak termasuk relawan demokrasi. Berkualitas dalam artian terpilihnya wakil rakyat yang dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat. Karena itu, menjadi tugas seorang relawan demokrasi dalam mensosialisasikan siapa-siapa caleg yang pantas dipilih. Selain itu hendaknya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak golput dan tanpa ada tekanan dari siapapun.

Komisioner KPU Kolaka, Cahaya Rappe dalam memaparkan Peraturan KPU nomor 26 tahun 2013 tentang pemungutan dan perhitungan suara di TPS menjelaskan, untuk pemilu 2014 cara pemberian suara dengan cara mencoblos bukan mencetang seperti pemilu 2009, terdapat pemilih khusus tambahan yang memilih dengan menggunakan KTP pada satu jam sebelum TPS di tutup, pemilih khusus dan pemilih dari TPS lain dapat memilih sejak pukul 07.00 Wita dimana pada pemilu 2009 hanya bisa memilih 1 jam sebelum TPS tutup.

“Pemungutan suara mulai pukul 07.00 sampai 13.00 wita dan perhirungan suara mulai 13.30 wita sampai selesai. Setiap pemilih diberi 4 jenis surat suara, yakni surat suara DPR RI warna kuning, surat suara DPD warna merah, surat suara DPRD Provinsi warna biru dan surat suara DPRD Kabupaten/kota warna hijau.”Kata Cahaya Rappe.

Sementara komisioner lainnya, Arifuddin yang membawakan materi peranan relawan demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih mengungkapkan, program relawan demokrasi merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor demokrasi. ABDI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top