Connect with us

Puluhan Jurnalis Training Penulisan Berita Lingkungan

Suara Lingkungan

Puluhan Jurnalis Training Penulisan Berita Lingkungan

KENDARI, SUARA KENDARI.Com – Sejumlah jurnalis dari beberapa daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalani training terkait berita lingkungan. Training tersebut dilakukan oleh AJI Kendari yang bekerja sama dengan D&P.
Antusias jurnalis untuk mengikuti pelatihan tersebut tidak lepas dari rasa ingin tahu para jurnalis yang ingin lebih mendalami penulisan tentang isu lingkungan.

Ketua AJI Kendari, Midwan, mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan hari itu betujuan untuk menambah pengetahuan para jurnalis yang selama ini tidak terlalu paham terkait teknik penulisan berita lingkungan.

Realitas keadaan lingkungan yang ada di Sultra saat ini juga tentu tidak luput dari perhatian media, mulai dari pemanfaatan sumber daya alamnya hingga berbagai kerusakan yang terjadi akibat terabaikannya lingkungan sekitar.

“Isu lingkungan yang menjadi perhatian serius karena realitas Sultra selama ini terkait pengelolaan sumber daya alamnya yang selalu bermasalah,” kata Midwan.

Akibat dari kerusakan linkungan tersebut, sehingga banyak hak dari masyarakat yang masih perlu diperjuangkan.

“Peran media ketika mengangkat isu lingkungan tentu akan berimplikasi yang sangat besar kepada masyarakat, ketika media mampu mengangkat solusi terbaik bagi masyarakat maka akan mendatangkan kebaikan bagi semua karena jika media saja tidak mampu memberikan solusi atau mengkritik terkait kerusakan lingkungan yang terjadi, maka tidak ada lagi yang akan melakukan berbaikan terhadap daerah,” ujarnya.

Ia berharap melalui training yang dilakukan hari itu, dapat menjadikan motivasi kepada para jurnalis untuk mengangkat isu lingkungan.

Ulfah, salah seorang jurnalis media cetak yang menjadi peserta training hari itu mengatakan bahwa dengan pelatihan yang diikutinya dapat menambah pengetahuannya yang selama ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja.

“Dengan adanya pelatihan yang dilakukan hari ini akan memberikan tambahan pengetahuan bagaimana cara menulis berita lingkungan yan baik dan benar, selama ini saya hanya belajar otodidsk meskipun sudah beberapa kali mengikuti liputan lingkungan tapi belum ada pelatihan seperti ini,” katanya.

Pelatihan yang dilakukan hati itu, tidak hanya sebatas pelatihan biasa saja, tapi AJI Kendari yang bekerja sama dengan D&P akan memberikan beasiswa peliputan kepada 12 jurnalis terpilih yang dinilai TORnya memenuhi persyaratan. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Lingkungan

To Top