Connect with us

Pulau Lara, Surga Para Penyelam

Pariwisata

Pulau Lara, Surga Para Penyelam

Pulau Lara, Surga Para Penyelam

Panorama bawah laut pulau Lara. dokumentasi foto milik Ardianto Ibnu Awaluddin/ Facebook

Panorama bawah laut pulau Lara. dokumentasi foto milik HerMhan Pratama/ Facebook

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panorama bawah laut pulau Lara. dokumentasi foto milik HerMhan Pratama/ Facebook

 

SUARAKENDARI.COM-Pulau Lara mungkin tak sepopuler dengan tempat wisata lainnya

di Sulawesi Tenggara. Ada banyak factor yang membuatnya dilupakan banyak pihak, salah satunya minimnya promosi dan perhatian pemerintah Konawe Selatan.

Ya, pulau kecil, yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan  membutuhkan sentuhan apik dinas terkait untuk membangun sejumlah sarana wisata di pulau tersebut.

Seperti yang terpotret dari kamera Herman Partama, salah satu pengunjung di Pulau Lara dan kemudian diunggah ke laman facebook miliknya. Nampak pemandangan indah bawah laut Pulau lara yang cukup menggoda para penyelam. Panorama yang ditawarkan sangat bagus, dengan kejernihan air sehingga sangat baik untuk para pencinta olah raga air, seperti selam atau snorkeling. Ini ditunjang dari letak geografis pulau dimana pulau ini berada di kawasan teluk staring sehingga airnya tenang dan jernih.

Meski potensi alamnya masih sangat alami, beberapa tahun terakhir tempat ini sudah sering dikunjungi oleh masyarakat setempat. Sayang, kurangnya kesadaran warga setempat menjaga kebersihan pantai, sehingga mengganggu ekosistem laut khususnya terumbu karang disekitar pulau.

Akses dari kendari dapat ditempuh ± 1 jam  ke dermaga penyeberangan. Dari dermaga, menggunakan kapal nelayan menuju pulau, lama penyeberangan 15 menit. Umumnya biaya transportasi laut disini tidak ditetapkan, tergantung jumlah penumpang dan besarnya kapal.

Ini merupakan tugas Dinas Dinas terkait di Konsel, agar nantinya dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat setempat demi menjaga keberlangsungan dan kelestarian pulau lara serta nantinya bisa menjadi devisa daerah. SK

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pariwisata

To Top