Connect with us

Publik Desak Walhi Umumkan Caleg Tidak Pro Lingkungan

Suara Lingkungan

Publik Desak Walhi Umumkan Caleg Tidak Pro Lingkungan

KENDARI, SUARAKENDARI.Com-Organisasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Tenggara telah berjanji akan segera mengumumkan calon anggota legislatif (caleg) yang dianggap punya andil atas perusakan lingkungan di bumi anoa. Janji Walhi ini ditagih oleh sejumlah kalangan di Sultra.

“Katanya mau diumumkan, tapi sampai sekarang belum ada pengumuman dari Walhi,”kata Rahmat, seorang pemerhati lingkungan di Kendari, Selasa.

Rahmat berharap agar Walhi benar-benar konsisten merilis nama-nama caleg yang tidak pro lingkungan sebelum hari pemilihan umum tiba. “Ya agar masyarakat tahu dan tidak memilih mereka (caleg) yang berkategori politisi kotor itu,”katanya penuh harap.

Harapan yang sama  juga dating dari Romi seorang mahasiswa di Kendari. “Momentum menjelang pemilu ini sangat penting untuk mengumumkan nama-nama caleg yang berkategori politisi busuk dan perusak lingkungan. Saya berharap Walhi segera mengumumkan nama-nama calek perusak lingkungan dan terlibat korupsi,”harapnya.

Seperti diketahui awal Januari lalu, Walhi Sultra dalam konfrensi pers mengumumkan akan segera mengumumkan nama-nama  caleg yang tidak pro lingkungan. Para caleg yang berasal dari berbagai latarbelakang pekerjaan ini, tentu punya trackrecord selama beraktifitas dengan latarbelakang pekerjaan, dan sebagai dari mereka tentu saja telah dikenal dengan baik oleh public.

“Saat ini nama-mana para caleg yang diduga bermasalah ini tengah ditracking (rekam jejak) oleh tim  kami. Dan sejak dua bulan lalu, tim telah bekerja meneliti data riwayat hidup hingga pekerjaan mereka selama ini,” kata Kisran Makati, Eksekutif  Daerah (ED) Walhi Sultra saat menggelar jumpa pers bersama wartawan di Kendari.

Kegiatan tracking caleg ini merupakan aksi nasional yang dilakukan organisasi Walhi yang merupakan organisasi lingkungan terbesar di Indonesia. Selain Walhi, sejumlah organisasi swadaya masyarakat lainnya seperti Indonesian Coruption Wacth (ICW), Kontras juga turun ambil bagian dalam kegiatan besar menjelang hajatan pesta demokrasi Pemilu 2014.

Bagi Walhi sultra, tracking ini sangat penting mengingat  kondisi kerusakan lingkungan di Indonesia saat ini kianbesar. Dan kerusakan  saat ini tak lepas dari kebijakan yang dilahirkan oleh para pihak, seperti dewan, pemerintah hingga pengusaha.

Ironisnya, kerusakan lingkungan  telah membawa dampak kesengsaraan rakyat jadi sebagai imabl atas tindakan perusakan itu kami akan segera mengumumkan nama-nama caleg yang bermasalah pada urusanpengelolaan lingkungan hidup di daerah selama ini. MAN

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Suara Lingkungan

To Top