Connect with us

Proyek Jalan Bambaea-Pullemo Diduga Salahi Bestek

Uncategorized

Proyek Jalan Bambaea-Pullemo Diduga Salahi Bestek

 

BOMBANA, SUARAKENDARI.COM -Proyek pengaspalan jalan di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara seolah tidak pupus dari beragam masalah.

Jika sebelumnya, pengaspalan Ibukota dan Pulau Kabaena yang terus menerus disorot publik akibat dugaan kualitas atau konstruksi yang tidak memadai.

Kali ini, giliran pengaspalan di wilayah daratan Poleang, atau tepatnya lajur pengaspalan jalan poros Bambaea-Pullemo yang mulai disorot publik.

Proyek yang baru dikerja April lalu, dengan total anggaran sekira 3,9 Miliar ini, disebut-sebut syarat dengan rekayasa.

Direktur Ham dan Kebijakan Publik Sipil Bombana,  Andi Ruspar SH menduga pekerjaan tersebut telah dimark up. “Kami temukan, hasil pekerjaa kurang volumenya. Kira-kira sekitar 20 meter,” terang Andi Ruspar uber hasil investigasinya.

Bahkan rencana pengaspalan dengan panjang 4,5 Kilometer itu, kata Ruspar tidak dibarengi  lapisan pondasi untuk kestabilan aspal.

“Tidak ada lapisan agregat kelas B 15 cm. Saya tahu persis ini pekerjaan, sebab lokasi jalan yang dikerja itu, selalu saya lalui menuju kapung saya,” ujarnya.

Kini kondisi jalan Bambaea-Pullemo itu, kata Ruspar tampak bergelombang, telah rusak dan sudah berlubang. “Itu akibatnya, pekerjaan pengaspalan persis tempelan saja. Dasar penimbunan tidak dihampar atau diratakan secara bagus,” jelasnya.

Politisi PKB Bombana ini mengaku banyak pekerjaan proyek di Bombana kualitasnya telah rugikan daerah dan masyarakat. “Makanya saya minta auditor BPKP itu, harus jeli amati proyek-proyek di Bombana yang kualitasnya itu,  asal dikerja,” kesalnya.

Tidak cuma BPKP, sambung Ruspar aparat penegak hukum lainnya,  seperti kepolisian dan kejaksaan diminta ambil andil guna menelisik kualitas pekerjaan di Kabupaten Bombana yang sarat akan manipulasi. (M5)

Kondisi jalan Pengaspalan Jalan Bambaea-Pullemo. Baru dikerja sudah rusak berlubang. BADAR

 

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top