Connect with us

Program SIWAB Targetkan 26.107 Ekor Sapi Bunting di Sultra

Pertanian

Program SIWAB Targetkan 26.107 Ekor Sapi Bunting di Sultra

Program SIWAB Targetkan 26.107 Ekor Sapi Bunting di Sultra

SUARAKENDARI.COM-Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra menargetkan akseptor 47.468 ekor induk sapi dengan target bunting 26.107 ekor. Realisasi bunting sampai 19 April 2017 adalah 2.693 ekor. Target ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Prov Sultra Ir. Muh.Nasir T. MS pada acara Pertemuan Koordinasi Upsus Siwab Tahun 2017 di Aula Dinas Tanaman pangan dan Peternakan Prov Sultra dalam acara Rakor SIWAB, Kamis (20/04/17)
Pertemuan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal  Peternakan dan Kesehatan Hewan Kemtan Dr. Ir Nasrullah. Pada pertemuan tersebut juga dihadiri penanggung jawab Upsus Siwab Sultra (Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari), BB Veteriner Maros, BPTP Balitbangtan Sultra dan Balai pembibitan ternak unggul Bali.
Turut hadir dalam pertemuan Kepala Dinas Peternakan / Kepala Bidang Peternakan se Prov Sultra, LO Siwab BPTP Balitbangtan Sultra, Karantina Pertanian Kendari dan penyuluh.
Sementara Sesditjen PKH nasrulllah dalam sambutannya mengatakan Upsus Siwab merupakan program strategis Kementerian Pertanian seperti halnya Upsus Padi, Jagung dan Kedelai harus disukseskan dengan menyusun langkah2 strategis untuk mencapai target yg ditetapkan.
“Provinsi Sultra salah satu wilayah yang sangat potensial dalam pengembangan sapi potong,” kata Nasrullah
Sebelum ditutup diadakan diskusi untuk menggali permasalahan Upsus Siwab di Sultra, antara lain tenaga peternakan masih terbatas dan penyebaran yang belum proporsional, sarana dan prasarana pendukung terbatas, beberapa kabupaten belum menyediakan dana APBD pendamping dan pengadaan strategi/semen dan Nitrogen cair sering terlambat.
Pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya adanya redistribusi tenaga teknis di wilayah yang kurang, penambahan sarana serta sistem informasi pelayanan straw dan Nitrogen cair. (IKA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pertanian

To Top