Connect with us

Program Minapolitan Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Konsel

Uncategorized

Program Minapolitan Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan Konsel

KONSEL, SUARAKENDARI.COM-Peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan tetap menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, salah satunya melalui pengintensifan program Minapolitan.

“Saya mencanangkan visi pembangunan kelautan dan perikanan yakni Konsel penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar 2015. Misinya adalah untuk mensejahterakan masyarakat kelautan dan perikanan,” kata Drs H Imran MSi.

Imran mengatakan, untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan, pihaknya melakukan gerakan untuk melakukan perubahan mendasar cara berfikir dari daratan ke maritim.

Yakni dengan konsep pembangunan berkelanjutan untuk peningkatan produksi kelautan dan perikanan melalui program minapolitan yang intensif, efisien dan terintegrasi guna peningkatan pendapatan rakyat yang adil, merata dan pantas.

Ia mengatakan, saat ini telah dikembangkan Program Usaha Mina Pedesaan (PUMP) berbasis perikanan budidaya di delapan kecamatan dan PUMP berbasis perikanan tangkap , PUMP berbasis usaha pengolahan dan pemasaran.

Dengan demikian diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan cepat meningkat yang akhirnya memberikan rasa keadilan bagi mereka karena pemerintah memperhatikan mereka.

Pembangunan yang bersifat pro growth juga mendapat perhatian karena ini akan menjadi lokomotif yang menghela perekonomian pesisir dengan mengembangkan minapolitan tangkap berbasis pelabuhan perikanan.

Sedangkan untuk kawasan perairan pedalaman dikembangkan minapolitan berbasis budidaya.

“Untuk mempercepat laju pembangunan kawasan dikenalkan program minapolitan saat ini Laonti yang dipilih karena melimpahnya sumber daya ikan dan kemudahan akses,” katanya.

Sejalan dengan program nasional klaster 4 berupa percepatan penggulangan kemiskinan, DKP membidik sasaran rumah tangga sasaran penduduk miskin yang merujuk pada pendataan program perlindungan sosial.

Yang akhirnya menemukan formula untuk membidik sasaran masyarakat miskin pesisir dan nelayan berbasis pada pangkalan pendaratan ikan (PPI) yang melingkupi 300 desa dengan jumlah 9000 rumah tangga sasaran. YOS

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top