Connect with us

Profil Hugua, Putera Terbaik Sultra Calon Menteri Kelautan di Kabinet Jokowi -JK

Uncategorized

Profil Hugua, Putera Terbaik Sultra Calon Menteri Kelautan di Kabinet Jokowi -JK

WAKATOBI, SUARAKENDARI.COM-Bupati Wakatobi pertama. Mantan pekerja LSM ini, sejak menjabat bupati memang banyak menciptakan terobosan untuk menghidupkan perekonomian di Wakatobi. Puluhan penghargaan sudah diterimanya, dan yang terbaru adalah MDG’s Award 2009 dari Menko Kesra. Hugua dianggap berhasil mengembangkan pariwisata sekaligus menjaga kelestarian lingkungan, meski itu bukan tanpa masalah.

Salah satunya adalah programnya tentang pembatasan penangkapan ikan lewat sistem zonasi. Dengan sistem itu, sebagian besar warga Wakatobi yang penghidupannya berasal dari laut, tidak akan lagi bisa seenaknya mengambil hasil laut. Hugua beralasan, semuanya sudah dibicarakan dengan warga, dan kesadaran menjaga kehidupan laut juga berasal dari mereka.

Wakatobi yang namanya diambil dari nama depan empat pulau terbesar di wilayah itu yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko, 18 Desember 2009 lalu tepat berusia enam tahun. Hugua menyelenggarakan simposium internasional tentang manajemen pelestarian terumbu karang dan sumber-sumber kelautan. Acara itu diikuti sejumlah lembaga internasional dan puluhan bupati daerah pesisir, dan sejumlah wartawan.

Berikut profile lengkap Bupati Wakatobi yang menjadi salah satu nominasi sebagai calon Menteri Kelautan di kabinet rakyat Jokowi-JK.

Ir. Hugua (Islam, lahir di Usuku Tomia, 31 Desember 1961, umur 53) menikah dengan Ratna Sari dan dikaruniai 3 anak : Ayu Berlinan Hugua, Deden Sidney dan Aira Dublin Hugua.

Pendidikan: Universitas Haluoleo, Kendari Sultra

Pendidikan Luar Negeri: DSE Germany (Management Organisasi Nirlaba); UNE Australia (Ekonomi dan Lingkungan); TIC Tokyo (Pemberdayaan Masyarakat); Studi komparasi sistem Grameen Bank di Bangladesh dan Replikasinya di India, Thailand dan Malaysia.; Eksecutive Education IDEAS , Sloan School of Management MIT Boston, USA

Karir Institusi/Organisasi: (1983-1986) Ketua Departemen Kader HMI Cabang Kendari; (1994-1999) Ketua DPD HILLSI (Himpunan Lembaga Latihan Swasta Indonesia) Provinsi Sulawesi Tenggara ; (1994-1999) Ketua I DPD-HPP LSM ra (Himpunan Pendidikan Luar Sekolah Oleh Masyarakat) Provinsi Sulawesi Tenggara ; (1999-2003) Ketua Departemen Pengembangan Usaha KAHMI Provinsi Sulawesi Tenggara Periode ;(1999-2004) Ketua Departemen Usaha Kecil dan Ekonomi Kerakyatan ICMI Provinsi Sulawesi Tenggara; (1989-1992) Pengurus Organisasi Purna Caraka Muda Indonesia; (2001-2005) Sekretaris Working Group ILO; (2001-2004) Ketua Kerukunan Keluarga Tomia di Kendari , Ketua DPD PDIP Prov Sultra, Bupati Wakatobi 2 periode (2006-sekarang). (berbagai sumber-Ezra Sihite dan Rusdi Mathari dari Koran Jakarta)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top