Connect with us

Produk Lokal Kurang Perhatian

Nelayan Bajo Menjemur Ikan

Bisnis

Produk Lokal Kurang Perhatian

KENDARI, SUARAKENDARI.COM – Di Sulawesi Tenggara, kualitas produk lokal bisa bersaing dengan produk yang berasal dari luar. Namun, produk-produk tersebut tidak mendapatkan perlidungan atau legalitas, sehingga harga jualnya pun sangat rendah.
Hal itu dijelaskan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra, La Ode Andi Pili, Rabu (4/3). Menurutnya, perlindungan produk ini sangat penting. Disatu sisi, legalitas terhadap produk ini bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kecil menengah.
“Di Sultra ini, banyak produk-produk yang sangat bagus namun tidak diterima di pasar, bahkan kalah saing dengan produk yang berasal dari luar. Contohnya, ikan asap, minyak kemasan. Sehingga, masyarakat di Sultra bisa menggunakannya tanpa harus menggunakan produk yang berasal dari luar,” jelasnya.
Lanjutnya lagi, para pelaku usaha dan asosiasi UKM meminta agar produk tersebut bisa mendapatkan legalitas dari pemerintah atau ada Undang-Undang yang mengatur tentang perlindungan produk ini. Sehingga, hal tersebut bisa berlaku secara nasional dan dapat meningkatkan nilai ekspor Indonesia.
“Harus ada regulasinya, dan ada standar keamanan yang dikeluarkan oleh BPOM. Peran pemrintah setempat untuk memberikan dukungan tentang masalah ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku UKM,” katanya.MIN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bisnis

To Top