Presiden Jokowi Dijadwalkan Membuka Festival Keraton di Sultra

SUARAKENDARI.COM, Satu lagi kegiatan yang bersifat nasional akan diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Rencananya pada November mendatang, Sultra akan kembali menjadi tuan rumah diselenggarakannya Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN yang akan berlangsung sejak tanggal 12 hingga 15 November 2015.

Dalam festival mendatang, tema besar yang diusung ” Menyongsong dan Mengusung Terwujudnya ASEAN Community 2015″.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Nasional, Damsid, mengatakan bahwa dalam festifal keraton tersebut semua kerajaan yang ada di Indonesia dan semua negara ASEAN diundang.

“Kita sudah mendata, semua kerajaan yang didata kita undang perwakilannya sebagai dua orang. Hingga saat ini dari luar Indonesia yang melakukan konfirmasi untuk hadir yakni sudah 10 kerajaan, sedangkan dari nusantara yang mengkonfirmasi yakni sebanyak 87 kerajaan,” terang Damsid, Kamis (15/10/2015).

Serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam festival keraton tentu saja menampilkan ciri khas dari keraton masing-masing, bukan hanya itu saja melainkan ada juga beberapa penghargaan yang akan diberikan juga gelar kesultanan.

Ia menambahkan jika dalam festival mendatang, rencanya secara resmi akan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo atau wakilnya, M. Yusuf Kalla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *