Connect with us

PPS Wajib Umumkan Hasil Perhitungan

Uncategorized

PPS Wajib Umumkan Hasil Perhitungan

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM, Panitia Pemungutan Suara (PPS) diwajibkan untuk mengumumkan hasil perhitungan suara diseluruh Tempat Pemungutan  Suara (TPS) yang masuk dalam wilayah kerjanya. Demikian dikatakan Ketua KPU Sultra, Hidayatullah.

Menurutnya, sesuai dengan UU No 8 Tahun 2012 tentang Pileg dalam Pasal 290  dijelaskan bahwa setiap PPS yang tidak mengumumkan salinan sertifikat hasil perhitungan suara dari seluruh wilayah kerjanya sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 183 maka akan diberikan sanksi.

“Jika kita lihat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, bagi seluruh PPS yang tidak mengumumkan hasil perhitungan suara maka akan dipidana kurungan paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp. 12 juta,” jelasnya, Senin (10/2/2014).

Lanjutnya, adanya aturan tersebut mempertegas bahwa seluruh penyelenggara di lapangan harus lebih transparan, utamanya salinan tersebut harus diberikan kepada saksi, sehingga apa yang menjadi hasil perhitungan suara tidak ada lagi rekayasa didalamnya.

“Selama ini salinan C1 tidak diberikan kepada saksi, dimana C1 itu merupakan bukti dari hasil perhitungan suara, pemilu mendatang ini sudah tegas aturannya harus diberikan kepada semua saksi, dengan demikian hasil perhitungan suara juga semakin jelas, tidak perlu lagi khawatir jika ada permainan didalamnya,” ujarnya.

Ia juga berharap agar seluruh penyelenggara mulai dari lapisan bawah hingga atas, bisa mematuhi seluruh peraturan yang telah dibuat tersebut agar tercipta penyelenggaraan pemilu yang sukses kedepannya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top