Connect with us

PPS Diduga Bermain Mata dengan Parpol

Hukum & Kriminal

PPS Diduga Bermain Mata dengan Parpol

 

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Panitia Pemungutan Suara (PPS) diduga bermain mata dengan sejumlah Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). Demikian dikatakan Ketua KPU Wakatobi, La Ode Suryono. Ia juga sudah mendapatkan laporan bahwa terdapat PPS dan Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bermain-main dalam menjalankan tugasnya. Padahal ketika dilantik, telah ditegaskan tidak diperbolehkan untuk mendukung salah satu caleg atau parpol.

“Saya sudah mendapatkan laporan memang ada beberapa PPS dan PPK yang sering didatangi caleg,untuk PPS sendiri sudah ada bukti berupa foto sehingga akan kami berikan sanksi tegas,” katanya.

Menurutnya, tidak dibenarkan bagi seorang PPS melakukan perbuatan yang sengaja tidak adil kepada caleg dan parpol, apalagi kedapatan dengan sengaja memasang baliho caleg tertentu. Indikasi caleg yang bermain mata dengan caleg lebih dari satu orang sehingga akan diberikan sanksi tegas, jika perlu sanksi pemecatan merupakan sanksi yang tepat bagi seorang penyelenggara yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

Terkait PPK, ia masih akan melakukan klarifikasi mengenai laporan tersebut karena belum ada bukti yang jelas, sebagai ketua ia juga tidak ingin gegabah dalam memutuskan sanksi kepada penyelenggara dibawahnya.

Dalam waktu dekat ini, ia akan segera melakukan pleno kepada komisioner lainnya terkait sanksi yang akan diberikan kepada PPS dan PPK yang sengaja bermain mata. “Kami ingin agar tidak ada lagi penyelenggara yang ceroboh, karena dari awal kami sudah disumpah untuk bersikap independen jadi tidak ada tawar-menawar untuk hal tersebut,” tegasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top