Connect with us

PPP Sultra Setuju Dana Saksi Ditanggung Negara

Hukum & Kriminal

PPP Sultra Setuju Dana Saksi Ditanggung Negara

 

KENDARI, SUARAKENDARI.Com- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara (Sultra) lebih setuju jika dana saksi untuk pemilu mendatang ditanggung oleh negara ketimbang harus dibebankan kepada partai politik peserta pemilu.

Ketua DPW PPP Sultra, La Ode Songko Panatagama, mengatakan bahwa negara sebagai penyelenggara pemilu harus memikirkan pula honor yang akan diberikan kepada saksi, jadi tidak semuanya dibebankan kepada parpol.

“Untuk menghasilkan pemilu yang jujur dan adil maka dana saksi harus tercukupi, untuk itu negaralah yang mempunyai tanggung jawab untuk membayarkan dana saksi bukan parpol,” katanya.

Jika satu orang saksi dibayarkan sebesar Rp. 100 ribu, maka estimasi yang harus dibayarkan oleh negara secara keseluruhan yakni sebesar Rp. 54 miliar untuk semua parpol yang telah dinyatakan lolos.

Menurutnya, angka tersebut tidak terlalu besar karena hitungannya tidak mungkin setiap parpol hanya memiliki satu saksi, sehingga negaralah yang harus menanggung satu saksi tersebut, sementara jika partai ingin menambah saksinya lebih dari satu, maka honornya diserahkan kepada partai bersangkutan.

“Kami saja dari PPP Sultra itu rencananya satu TPS akan kami hadirkan tiga saksi, dua saksi biasa dan satu saksi bayangan, sehingga hitungannya sudah tepat jika satu saksi ditanggung negara, satu saksi partai yang tanggung dan saksi bayangannya hasil patungan dari caleg, karena kasihan juga partai jika harus menanggung honor tiga saksi sekaligus,” tukasnya. (LINA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum & Kriminal

To Top