Connect with us

Potensi K2 Bombana Tinggal 165, Sisanya “Siluman”

Uncategorized

Potensi K2 Bombana Tinggal 165, Sisanya “Siluman”

BOMBANA,SUARAKENDARI.COM Kepanikan para honorer K2 Bombana mulai tampak akhir-akhir ini. Total pengusulan K2 Bombana, Sulawesi Tenggara yang bakal di-PNS-kan, nyaris tak cukup seperdua dari jumlah yang pernah diluluskan oleh Kemenpan dan RB Maret lalu.

Kepala BKD Bombana, Man Arfa mengatakan jumlah honorer K2 yang bakal diakomodir tinggal 165 orang. Sementara sisanya sebanyak 191 dari total 356, dinyatakan tidak lolos verifikasi alias gugur.

Bahkan jumlah 165 itu hasil dari verifikasi Inspektorat Bombana ini bisa berkurang, sebab verifikasi itu bakal di verifikasi ulang lagi oleh BKD Bombana. “Angka 165 itu kemungkinan bisa berkurang ataupun bisa bertambah. Sebab hasil verifikasi Inspektorat itu, kami ulang verifikasi lagi,” ujar Man Arfa saat dikonfirmasi disela verifikasi ulang BKD Kamis (26/6) di kantor Bupati Bombana.

Dijadwalkan pertengahan Juli nanti, nama-nama K2 hasil verifikasi BKD ini, akan diajukan di Kantor BKN di Jakarta untuk di PNS-kan. “Sebenarnya waktu pengusulan K2 ini sudah berakhir, kita berada diwaktu perpanjangan hingga 30 Juli nanti. Jadi untuk Bombana, kami akan setor kira-kira di pertengahan Juli nanti,” tutur Man Arfa.

Dijelaskan, verifikasi BKD Bombana menghadirkan sejumlah saksi yakni para pimpinan instansi, tempat para honorer K2 tersebut bekerja. “Kami memberikan keleluasaan bagi para saksi, apakah mau tarik kesaksiannya atau menguatkan kesaksiannya (terkait benar tidaknya honorer magang di sejumlah instansi Bombana),” terang Man Arfa.

Selain itu, para honorer berkewajiban membuat pernyataan bahwa pemberkasan K2 (dokumen yang disetor di BKD) benar adanya, dan siap menanggung sendiri konsekuensinya, bila nantinya diketahui palsu.

Sebelumnya, Berkas honorer K2 sudah diverifikasi BKD pasca pengumuman Kemenpan. Namun di duga banyak honorer “siluman” sehingga verifikasi tersebut diperketat dan dilakukan kembali dengan membentuk team khusus atas nama pemkab Bombana.

Namun hasil verifikasi kembali diragukan, sehingga ditujuklah Inspektorat Bombana sebagai instansi yang layak untuk mem-verifikasi K2. sebelum menemukan jumlah honorer K2 Bombana yang layak sebanyak 165 orang. Inspektorat tercatat lakukan dua kali penyeleksian berkas. (DAR)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top