Potensi Jika Pengusaha Mengembangkan Rumput Laut di Sultra

SUARAKENDARI.COM- Rumput laut menjadi salah satu komoditi terbesar yang dihasilkan dari perairan laut Sulawesi Tenggara (Sultra), karena itu Pemerintah Provinsi Sultra mengajak para pengusaha berinvestasi mengembangkan rumput laut sebagai salah satu komoditas andalan sektor kelautan dan perikanan di wilayah itu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra, Askabul Kijo, di Kendari mengaku, potensi pengembangan rumput laut di Sultra sangat besar, sehingga butuh investor yang memiliki perhatian pada rumput laut untuk bisa menanamkan modalnya di daerah ini

Budidaya rumput laut, lanjutnya, juga bakal meningkatkan taraf kesejahteraan bagi anggota masyarakat pesisir di berbagai daerah karena rumput laut kini sudah menjadi komoditas primadona bagi masyarakat pesisir di Sultra.

“Untuk itu, kami terus mendorong warga atau petani di daerah ini, agar terus meningkatkan produksi budi daya rumput dengan cara memperluas areal budi daya, dan berharap keterlibatan para investor,” katanya.

Menurut dia, peranan sektor kelautan dan perikanan dalam pengembangan rumput laut di Sultra masih sangat besar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peranan sektor ini terhadap pembangunan ekonomi daerah.

“Komoditas ini sudah besar peranannya dalam menggerakkan perekonomian Sultra secara umum, melalui peranan besar dari sektor kelautan dan perikanan yang terus melakukan terobosan pengembangan komoditi ini,” ujarnya.

Dikatakan, permasalahan yang dialami pemerintah dalam pengembangan rumput laut tersebut ialah komoditas ini belum memberikan pendapatan yang baik bagi para pembudidaya karena rantai pemasaran masih panjang.

“Untuk itu, perlu terbangun industri pengolahan dan pengembangan rumput laut di daerah ini, sehingga produk rumput laut kita dapat memiliki keistimewaan baru dan nilai penggunaan yang tinggi serta pangsa pasar yang lebih luas. Harapan kita investor bisa hadir di sana,” katanya.ANT/SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *