Posko Pemenangan Tidak Dilaporkan, Terancam Ditertibkan

Suarakendari.com- Hasil temuan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Konawe Selatan, terkait dengan pelanggaran kampanye, untuk pendaftaran posko pemenangan, baru satu calon yang melakukan hal itu. Padahal, jika posko ini tidak didaftarkan ke KPU maka akan dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran kampanye yang akan berimbas pada pasangan calon itu sendiri.
Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panwas Kabupaten Konawe Selatan, Hajaruddin, saat dikonfirmasi via selulernya belum lama ini.
Setelah melakukan koordinasi dengan Panwascam dan PPL, Panwas Kabupaten Konsel, setiap Posko pemenangan harus didaftarkan ke KPU dan akan ditembuskan ke Panwas. Aturannya juga, pasangan calon hanya boleh membuat satu posko pemenangan di setiap desa, dan itu berlaku juga di kecamatan dan kabupaten.
“Hingga saat ini baru satu pasangan calon yang melaporkan posko tersebut. Hal ini telah dikoordinasikan dengan KPU, Panwascam dan PPL, akan dilakukan pembersihan jika mereka tidak mendaftarkan Posko ini. Panwas juga telah memberikan kelonggaran untuk pasangan calon agar segera mendaftarkan posko pemenangannya, supaya nantinya juga Panwascam dan PPK dalam melakukan penertiban tidak salah menertibkan,” jelasnya.
Batas pelaporan Posko pemenangan ini, lanjutnya lagi, sebenarnya telah lewat yakni pada 11/9 kemarin, namun hingga saat ini baru satu calon saja yang melaporkan hal itu.
“Ini juga dikategorikan sebagai bentuk pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon,” ungkapnya.
Selain posko pemenangan, Panwas Konsel juga menemukan ada APK yang dibuat oleh pasangan calon. Padahal, ini hanya dilakukan oleh KPU.
“Ada temuan yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon, yang membuat APK model sticker yang melebihi dari ketentuan di dalam Undang-Undang nomor 8/2015, yakni 10×5 sentimeter. Hal ini akan dilakukan penelusuran lebih lanjut. Makanya, Panwaslu Kabupaten Konsel melakukan koordinasi dengan Panwascam dan PPL, agar melakukan penertiban APK selain yang dibuat oleh KPU,” katanya. (Arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *