Connect with us

Polresta Kendari Amankan Setengah Ton BBM Ilegal

timbun bbm solar

Metro

Polresta Kendari Amankan Setengah Ton BBM Ilegal

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Satuan Reskrim Polresta Kendari kembali mengamankan setengah ton bahan bakar minyak (BBM) ilegal yang diperoleh dari hasil razia rutin yang dilakukan oleh Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polresta Kendari, Rabu (19/3). Selain mengamankan BBM jenis solar, polisi juga menangkap pelaku yang bernama Hendro dan Sulwan, beserta satu mobil Toyota Kijang yang dipergunakan oleh pelaku untuk membawa BBM tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, pelaku (Hendro,red) pernah ditangkap sekali oleh Satuan Tipiter Polda Sultra pada tahun 2013 silam dengan kasus yang sama yakni penimbunan BBM.

“Pelaku kami amankan sekitar pukul 14.00 Wita di di SPBU Ranomeeto, waktu kami lakukan razia. Saat itu, pelaku sedang mengisi BBM jenis solar. Dari 26 jirigen yang berkapasitas 35 liter yang dimuat oleh pelaku, baru 19 jirigen yang berhasil diisi. Dari pelaku, BBM ilegal ini rencananya akan dibawa ke Kolono kepada salah satu penadah,” ungkap Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Agung Basuki melalui Kanit Tipiter Polres Kendari, Ipda Rahmat Zam-zam.

Untuk kepentingan penyelidikan, lanjutnya lagi, karyawan SPBU juga akan dimintai keterangan terkait kemudahan yang diperoleh dari pelaku dalam mengisi BBM tersebut.

Akibat perbuatan yang dilakukan, kedua pelaku diancam dengan pasal 55 subsider pasal 53 huruf (b) dan (d), junto pasal 23 ayat (2) huruf b dan Undang-undang RI nomor 22 tahun 2001, tentang minyak bumi dan gas. Ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. (min)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metro

To Top