Polisi Jepang “Beraksi” di Bombana

0

SUARAKENDARI.COM-Takeuchi hideky, seorang Polisi dari negara Jepang mendatangi Kantor Polisi sektor (Polsek) Rumbia, Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana, Rabu (11/11)

Polisi berpangkat senior super intenden atau setara dengan Komisaris Besar (Kombes) Polri ini, datang untuk melakukan super visi terkait pelaksanaan program Polisi Masyarakat (Polmas) atau dikenal dengan istilah Bhabinkamtibmas di wilayah Polsek Rumbia.

Didampingi seorang juru bicara Rabu siang, Takeuchi hideky datang untuk meninjau sejauh mana pelaksanaan program bhabinkamtibmas di dua wilayah sektor di Polres Bombana, yakni Polsek Rumbia dan Rarowatu utara.

Diketahui, Takeuchi hideky adalah salah satu pria yang tergabung dalam Tim
Japan International Coperation Agency (JICA). Sebuah organisasi Polisi di Jepang selaku pemegang program pilot project Polmas atau di Negara Jepang disebut Koben.

Sejak 13 tahun lalu, JICA melakukan kerja sama dengan Polisi Republik Indonesia (Polri) untuk melaksanakan program polmas. Khusus untuk Polda Sultra, baru dilaksanakan di tahun ini. Dengan pelaksananya, melibatkan tiga Polres yakni Polres Kota Kendari, Polres Kolaka dan Polres Bombana.

Sementara diwilayah Polres Bombana, baru dua Polsek yang ditunjuk, yakni Polsek Rumbia dan Polsek Rarowatu. ” Hasil supervisi kami di Polsek Rumbia ini sangat bagus. Administrasinya cukup baik. Kegiatannya juga sudah dijalankan dengan Bagus. Apalagi Bhabinkamtibmasnya dikontrol langsung ole kanit bimasnya lalu diawasi oleh Kapolseknya. Kesan baguslah disuper visi kami kali ini,” tukas Takeuchi hideky dengan Bahasa Jepang lalu diterjemahkan oleh Mrs. Shishido selaku jubirnya di Polsek Rumbia.

Kata Takeuchi Hideky, supervisi diwilayah Sultra ini, dimulai Selasa (10/11)
Di awali di Polres Kolaka, lalu Polres Bombana, dan akan dilanjutkan di Polres Kota Kendari dan Polda Sultra.

Menurut Takeuchi hideky, program ini akan berakhir hingga 2017. Untuk di Indonesia, dimulai dari Polresta Bekasi. “Hasilnya dari bekasi yang lalu itu, kemudia disebar di 12 Polda dari 34 Polda yang ada di wilayah Indonesia yang terapkan program ini,” tutupnya.

Sementara itu Kapolsek Rumbia, Ipda Arman sangat berterimakasi atas hadirnya kerja sama antara JICA dan Kapolri. “Program ini cukup bagus khusunya memupukhubungan humanis antara masyarakat dengan Polisi. Saya juga berterimakasih kepada Polda Sultra dan Polres Bombana atas ditunjuknya Polsek Rumbia selaku pelaksana Bhabinkamtibmas di Bombana,” tukasnya. (DAR)
Usia supervisi, Takeuchi hideky (kiri) dan Mrs. Shishido selaku juru bicaranya, diapit oleh Kapolsek Rumbia Ipda Arman, SH saat Foto bersama dengan jajaran Polsek Rumbia. BADAR

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.