Connect with us

Ratusan Kubik Kayu Ilegal Untuk Lintasan KA Di Surabaya Berhasil Ditangkap

Kayu Ilegal/ internet

Uncategorized

Ratusan Kubik Kayu Ilegal Untuk Lintasan KA Di Surabaya Berhasil Ditangkap

KOLAKA TIMUR, SK.COM- Ratusan kubik kayu Ilegal di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara berhasil ditangkap oleh Polisi Kehutanan didaerah itu. Kayu-kayu yang sudah diolah menjadi kayu bantalan tersebut rencananya akan diselundupkan ke Surabaya guna dijadikan lintasan kereta api. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kehutanan Kolaka Timur, Mustaqim.

Kata dia, kebanyakan jenis kayu yang ditangkap itu adalah jenis jabon dan pondoh, yang memang jenis-jenis kayu ini sangat kuat sehingga sangat cocok dijadikan lintasan kereta api. Hanya saja dari operasi penangkapan kayu tersebut, pihaknya gagal menangkap pemilik kayu sebab mereka berhasil melarikan diri.

“Rata-rata sopir mobil yang angkut kayu itu tidak ada atau melarikan diri setelah mobilnya diamankan. Jadi pihak kami gencar merazia terkait informasi apapun yang menyangkut masalah illegal loging. Ini hasil tangkapan kami dalam dua bulan terakhir. Tidak ada toleransi bagi mereka pelaku ilegal loging,” katanya, Sabtu (31/01/2015).

Dia juga menambahkan hasil tangkapan tersebut akan segera dilelang kemudian harga lelang tersebut diserahkan kepada Negara. “ Bulan Februari nanti kita akan lelang. Jadi totalnya itu 127 kubik yang dimana 108 kubik berkas lelangnya sudah selesai dan 19 kubik sisanya sementara kita kerjakan. Jadi semua ini kita tangkap bukan hanya dijalan, tetapi ada juga didalam hutan,” tambahnya.

Menurut Mustaqim, daerah yang sangat rawan akan illegal loging adalah Kecamatan Uluiwoi. Sementara terkait rencana pengiriman ke Surabaya untuk digukanan lintasan kereta api, informasi itu dia dapatkan dari sejumlah informan mereka dilapangan. Akibat aksi ini Negara diprediksi merugi hingga ratusan juta rupiah.

Secara terpisah, kordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LIDER Sulawesi Tenggara, Herman, berharap agar Dinas Kehutanan Kolaka Timur dapat mengembangkan masalah ini dengan melibatkan pihak Kepolisian atau membentuk tim investigasi. Alasanya jangan sampai ini ulah jaringan ilegal loging tingkat nasional, melihat tujuan utama pengiriman adalah Surabaya.

“Apalagi infonya untuk digunakan sebagai lintasan kereta api. Jadi saya rasa ini peluang besar untuk mengungkap praktek ilegal loging lintas Pulau. Jangan sampai ada oknum besar yang membekingi masalah ini. Jadi kita desak lah pihak Dinas Kolaka Timur untuk nenuntaskan masalah ini sampai ke akar-akarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top