Connect with us

Keunikan Pohon Loreng Militer di Baubau

Uncategorized

Keunikan Pohon Loreng Militer di Baubau

 

BAUBAU, SUARAKENDARI.Com-Pohon berbatang aneh tumbuh di hutan lindung Wakonti, Kota bBaubau Sulawesi Tenggara. Keanehan pohon karena seluruh batang hingga dahannya dihinggapi aneka warna. Batang  menyerupai baju loreng  militer.

Sepintas melihat pohon-pohon ini tak ada bedanya dengan ratusan bahkan ribuan pohon yang tumbuh saling berdekatan di kawasan hutan lindung wakonti, Kota Baubau , Sulawesi Tenggara. Namun setelah dilihat dari dekat barulah terlihat perbedaannya.

Keanehan pohon karena seluruh batang hingga dahannya dihinggapi aneka yang didominasi warna merah dan hijau. Beberapa warga mengira pohon tersebut sengaja di cat, namun setelah dilihat lebih teliti ternyata aneka warna tadi muncul secara alami dibatang pohon.

Uniknya karena  belum diketahui namanya, warga setempat sepakat menyebut pohon tersebut dengan nama pohon loreng karena batang  pohon menyerupai baju loreng  militer.

Disebut Pohon Loreng, sebab sepanjang batang pohon dari bawah hingga ke ranting-ranting, kulitnya berlurik loreng khas tentara. Banyak yang mengira ada yang iseng sekedar mencorat-coret cat di batang pohon, hingga menyerupai loreng tentara, namun kenyataannya, memang tumbuh secara alamiah.

“Sudah menjadi misteri warga, sebab belum ada penelitian lebih lanjut tentang keberadaan pohon ini, “Yang pasti di Sulawesi Tenggara hanya di Bau-Bau ini ada pohon loreng seperti ini,” ujar Hamzah, warga Baubau yang kebetulan datang khusus melihat keberadaan pohon loreng tersebut.

Menurut Hamzah  ke tujuh batang pohon yang belum diketahui jenis ini baru diketahui keberadaanya oleh warga di kawasan hutan lindung wakonti tahun 2003 silam, tepatnya saat datangnya eksodus asal ambon yang kini berdiam disekitar kawasan hutan wakonti.

Pohon ini ditemukan oleh sekelompok warga yang tengah mencari rotan di kawasan hutan tersebut. Oleh mereka informasi langsung menyebar ke warga sekitarnya dan kontan menjadi pusat perhatian masyarakat baubau.

Ada saja cerita masyarakat tentang pohon loreng ini, ada yang menyebut bahwa pohon loreng menandakan akan memasuki kawasan militer Yonif 725 Woroagi di Kecamatan Sorawolio, bahkan dengan cerita-cerita mistik lainnya.

Pastinya, keberadaan pohon loreng di Bau-Bau cukup banyak di hutan tirta rimba, dan telah menjadi objek wisata alam bagi warga kota ini, saat Perkempinas lalu, hampir semua utusan propinsi dari seluruh Indonesia menyempatkan beerkunjung ke pohon loreng.

Untuk menjangkau lokasi pohon loreng tidaklah seberapa jauh sekitar 200 meter dari jalan raya yang menghubungkan kota baubau dan kabupten buton, sehingga aksesnya mudah dijangkau warga. Pohon penuh warna loreng ini masih tegak berdiri.

Warga meyakini jika pohon tersebut dijaga oleh mahluk halus sehingga warga takut menebangnya. Untuk mengetahui jenis pohon tersebut  perlu penelitian lebih lanjut dari instansi terkait di pemerintahan baubau . TM

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top