PNS Dilarang Keras Gunakan Mobil Dinas Saat Mudik Lebaran

SUARAKENDARI.COM, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, menegaskan agar tidak menggunakan kendaraan dinas saat akan mudik lebaran.

Ia paham betul saat mudik lebaran semua orang pasti berbondong-bondong untuk ke kampung halaman guna bersilaturahmi dengan para kerabat. Namun ia tidak setuju jika pejabat Pemerintah lingkup Sultra dan PNS menggunakan kendaraan dinas.

“Kami tidak pernah melarang jika ada pejabat atau PNS kami ingin merayakan hari raya di kampung halaman, hanya saja kami tegaskan untuk tidak menggunakan kendaraan dinas,” tegasnya.

Kendaraan dinas, kata Nur Alam, hanya diperbolehkan untuk mengurus pekerjaan sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi. Pasalnya, kendaraan dinas merupakan fasilitas negara yang harus tetap dirawat.

Dikatakannya pula bahwa larangan tersebut bukan hanya diberlakukan tahun ini, melainkan sejak tahun-tahun sebelumnya ia sudah menegaskan agar tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi.

Meskipun tidak menyebutkan sanksi yang akan diberikan, namun orang nomor satu di Sultra itu memastikan akan memberikan sanksi kepada pejabat dan PNS yang kedapatan menggunakan kendaraan dinas.

“Pasti akan dipantau, kalau sampai ada yang ketahuan menggunakan kendaraan dinas secara diam-diam maka bersiap saja untuk mendapatkan sanski,” tegasnya. (LINA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *