Dua PLTMH Beroperasi di Koltim

TIRAWUTA, SUARAKENDARI.COM- Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) mulai beroperasi di Kabupaten Kolaka Timur. Dua PLTMH kini menjadi pemasok listrik di kecamatan Uluiwoi dan Tinondo dan telah menerangi Ratusan rumah penduduk di dua kecamatan tersebut.

Sekretaris Dinas Pertambangan dan energi sumber daya mineral (Distamben) Ayi Wahyudin mengatakan, Dua PLTMH telah beroperasi beberapa waktu yang lalu. Dan kini telah dirasakan manpaatnya oleh masyarakat kecamatan Uluiwoi dan Tinondo. Penambahan PLTMH akan dilanjutkan di beberapa kecamatan yang ada di Koltim. Namun, akan dilakukan pengecekan lokasi terlebih dahulu untuk melihat debit air yang ada.

“PLTMH yang ada saat ini merupakan bantuan dari kementerian koperasi dan UKM. Dan alhamdulillah sudah bisa menyala siang dan malam,” ungkapnya.

Ditambahkanya, kapasitas PLTMH yang ada saat ini sebesar 15 ribu Watt, dan untuk satu rumah mendapatkan jatah listrik sebesar 450 watt. Selain itu, Pengelolah juga telah menyiapkan cadangan listrik untuk industri rakyat yang ada di desa tersebut.

“kami menyerahkan sepenuhnya kepada koperasi masyarakat untuk mengelolah PLTMH yang ada saat ini. Namun dari Distamben akan tetap melakukan kontrol,” ungkapnya. (SAWAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *