Pj Bupati Konsel Larang PT Merbau Jaya Gusur Lahan Warga

SUARAKENDARI.COM-Aksi unjuk rasa ratusan petani dari Kecamatan Mowila, Landono dan Angata di Kantor Bupati Konsel, Selasa (18/8) berbuah manis, setelah Pj Bupati Konsel Drs H Irawan Laliasa MSi menyatakan dengan tegas melarang investor perkebunan sawit PT Merbau Jaya beraktivitas menggusur tanah dan tanaman masyarakat.

Irawan Laliasa yang didaulat massa untuk berpidato meminta perusahaan untuk tidak bertindak sewenang-wenang dan tunduk pada aturan hukum yang berlaku.

“Untuk sementara ini kegiatan perusahaan dihentikan, sambil dilakukan verifikasi kembali tanah-tanah milik warga. Pemerintah akan memfasilitasi masalah ini. Saya menjamin masalah ini akan diurus dengan baik,”kata Irawan Laliasa sembari mengatakan pemerintah menjamin masyarakat untuk kembali beraktifitas mengolah lahan mereka.

Lebih lanjut Irawan meminta masyarakat pemilik tanah untuk memagar batas tanah mereka demi menghindari adanya penggusuran tanaman. “Silahkan pagar tanahnya dan dijaga dengan baik agar perusahaan tidak menggusur,”tambah Irawan Laliasa.

Namun warga tak begitu saja menerima pernyataan bupati sebelum adanya jaminan tertulis dari pejabat berwenang atas pernyataan larangan tersebut.

Sebagai jaminan bupati memerintahkan Kadis Perkebunan dan Holtikultura, Yamin Renggaala untuk membuat surat pemberitahuan kepada perusahaan PT Merbau Jaya. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *