PJ Bupati Koltim Diduga Terima Mahar Proyek Rp 1,2 M

Proyek Nihil, Kontaktor Minta Uang Kembali

SUARAKENDARI.COM-Pj Bupati Kolaka Timur (Koltim), Anwar Sanusi diduga menerima uang dari sejumlah kontraktor semasa menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim. Anwar diduga menerima dana dengan besaran bervariasi mulai dari 150 juta rupiah hingga Rp 500 juta.

Salah seorang kontraktor yang diketahui bernama Morohim mengaku, telah menyetor sejumlah uang yang dijadikan mahar kepada Anwar Sanusi. Uang disetorkan di ruang kerja Sekda sebesar Rp 250 juta. Sialnya, menyetor hingga kini janji proyek tak kunjung ada.

Pihak Mohorim sebenarnya sudah mengutus salah seorang karyawannya mendatangi kediaman Kabag Pembangunan yang saat itu dijabat oleh Maryono untuk mempertanyakan proyek tersebut.

“Ternyata Kabag Pembangunan mengaku tidak tahu menahu, bahkan pak Kabag mengatakan persoalan uang mahar tidak disampaikan kepadanya. Kabag juga mengarahkan untuk mengkonfirmasi langsung kepada Sekda langsung,”ujar Mohorim mencontohkan pernyataan Kabag Pembangunan.

Mohorim juga merasa tertipu dan kehilangan ratusan juta rupiah atas persoalan tersebut.”Saya setor uang itu kepada Pj bupati masih duduk sebagai sekda kolaka timur dan kasi uang itu diruang kerja ” tegasnya akhir pekan lalu.

Selain Mohorim terdapat juga kontrtaktor lain yang mengalami hal serupa, menyetor uang mahar proyek ke Anwar sunusi, tepatnya pada pelaksanaan Ramadhan lalu. Sejumlah uang ditransfer dan diberikan secara langsung kepada Anwar Sunusi.

Kontraktor berinisial SR ini mengaku, uang yang terkumpul dan diberikan ke Anwar Sanusi mencapai Rp 1,2 miliar, namun saat pekerjaan tersebut belum juga terbukti.

“Saya berharap uang saya dikembalikan secepatnya, karena uang itu mrupakan uang keredit, dimana rumah saya jadi jaminan ini sudah datang pihak bank,”ungkap SR.

SR mengancam akan melaporkan kepada pihak berwajib jika uang miliknya tidak dikembalikan.

Sementara itu, PJ Bupati Koltim, Anwar SanusiĀ  saat dikonfirmasi wartawan Media Kendari mengatakan, dirinya tak gentar bila dilaporkan ke pihak berwajib.”Silahkan laporkan saja, jika memang mereka punya bukti,”tegasnya.

Dia juga mengaku, selama ini ada pihak-pihak tertentu yang sengaja menzalimi dirinya sebagai Pj Bupati Koltim.”Saya sangat merasa terganggu dengan isu-isu yang berkembang di luar, kalau saya menerima dana untuk memuluskan proyek, apalagi saat ini saya berusaha keras membangun Koltim agar lebih maju kedepanya,”ujarnya melalui selullernya. (Mus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *